Pengakuan Beban

Tax time

Pengeluaran untuk suatu pos aktiva tidak berwujud diakui sebagai beban pada saat terjadinya, kecuali:

  1. pengeluaran itu merupakan bagian dari biaya perolehan aktiva Oak berwujud yang memenuhi kriteria pengakuan (lihat paragraf 20-49); atau
  2. pos tersebut diperoleh melalui suatu penggabungan usaha yang berbentuk akuisisi dan tidak dapat diakui sebagai aktiva tdak berwujud. Apabila demikian halnya, maka pengeluaran tersebut (yang termasuk dalam biaya perolehan akuisisi) merupakan bagian dari muhibah (goodwill) atau muhibah (goodwill) negatif pada tanggal akuisisi.

Dalam beberapa kasus, pengeluaran dilakukan untuk memperoleh manfaat ekonomis masa depan bagi perusahaan, tetapi pengeluaran tersebut tidak menghasilkan aktiva tidak berwujud ataupun aktiva lainnya yang dapat diakui. Dalam hal demikian, pengeluaran tersebut diakui sebagai beban pada saat terjadinya. Misalnya, pengeluaran untuk kegiatan riset selalu diakui sebagai beban pada saat terjadinya. Contoh pengeluaran lainnya yang diakui sebagai beban pada saat terjadinya adalah:

  1. pengeluaran untuk kegiatan perintisan (biaya perintisan), kecuali apabila pengeluaran ini termasuk dalam biaya perolehan pos aktiva tetap sebagaimana diatur. Biaya perintisan dapat mencakup biaya pendirian, seperti biaya hukum dan biaya kesekretariatan/administratif yang dikeluarkan dalam rangka mendirikan badan hukum, pengeluaran dalam rangka membuka usaha atau fasilitas baru (biaya pra-pembukaan) atau pengeluaran untuk memulai operasi baru atau meluncurkan produk atau proses baru (biaya pra-operasi);
  2. pengeluaran untuk kegiatan pelatihan;
  3. pengeluaran untuk kegiatan periklanan dan promosi; dan
  4. pengeluaran dalam rangka realokasi atau reorganisasi sebagian atau seluruh perusahaan.

Paragraf sebelumnya tidak menutup kemungkinan perusahaan mengakui pembayaran di muka sebagai aktiva, yaitu ketika pembayaran atas barang atau jasa dilakukan sebelum penyerahan barang atau pelaksanaan jasa tersebut.

Apabila Anda membutuhkan Jasa Konsultan Pajak silahkan  untuk menghubungi kami baik untuk konsultasi maupun berminat menggunakan jasa kami. Kami akan segera merespon pertanyaan Anda secepat yang bisa kami lakukan. Terima kasih.

Mitra Konsultindo Jasa Konsultan Pajak

Phone          : 082112290033
Telpon          : (021) 589 07 177
Email            : mitrakonsultindo99@gmail.com
Website     : www.mitrakonsultindo.co.id
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *