Penelaahan Periode Amortisasi dan Metode Amortisasi

Tax

Periode amortisasi dan metode amortisasi ditelaah (ditinjau ulang) setidak-tidaknya setiap akhir tahun buku. Jika perkiraan masa manfaat aktiva berbeda secara signifikan dengan estimasi-estimasi sebelumnya, periode amortisasi harus disesuaikan .Jika terjadi perubahan yang signifikan dalam perkiraan pola konsumsi manfaat ekonomis dari aktiva, metode amortisasi harus diubah untuk mencerminkan pola yang berubah tersebut. Perubahan tersebut harus diperhitungkan sebagai perubahan estimasi akuntansi sesuai dengan PSAK 25: Laba atau Rugi Bersih untuk Periode Berjalan, Kesalahan Mendasar, dan Perubahan Kebijakan Akuntansi, yaitu dengan menyesuaikan biaya amortisasi untuk periode kini dan periode masa depan.

Pada saat tertentu, di sepanjang umur suatu aktiva tidak berwujud, mungkin timbul indikasi bahwa estimasi masa manfaat aktiva tersebut kurang tepat. Misalnya, masa manfaat dapat diperpanjang dengan melakukan pengeluaran yang memperbaiki kondisi aktiva sehingga kinerjanya melebihi standar yang diperkirakan semula. Di lain pihak, diakuinya rugi karena penurunan nilai dapat berarti periode amortisasi juga harus diubah.

Dengan berjalannya waktu, pola manfaat ekonomis masa depan yang diharapkan akan dinikmati perusahaan dari suatu aktiva tidak berwujud dapat berubah. Misalnya, dapat timbul indikasi bahwa metode amortisasi saldo menurun ternyata Iebih tepat jika dibandingkan dengan metode garis lurus. Contoh Iainnya ialah apabila penggunaan hak yang diperoleh melalui suatu lisensi ditangguhkan menunggu tindakan/putusan pada komponen lainnya dari suatu rencana usaha, manfaat ekonomis yang timbul dari aktiva tersebut mungkin tidak diterima hingga periode berikutnya.

Apabila Anda membutuhkan Jasa Konsultan Pajak silahkan  untuk menghubungi kami baik untuk konsultasi maupun berminat menggunakan jasa kami. Kami akan segera merespon pertanyaan Anda secepat yang bisa kami lakukan. Terima kasih.

Mitra Konsultindo Jasa Konsultan Pajak

Phone          : 082112290033
Telpon          : (021) 589 07 177
Email            : mitrakonsultindo99@gmail.com
Website     : www.mitrakonsultindo.co.id
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *