Konsultan Pajak Jakarta Jasa-Aktiva Tidak Berwujud Tahap Pengembangan Untuk Perusahaan Asosiasi

Konsultan Pajak Jakarta Jasa │ Jasa Pembukuan Akuntansi Laporan Keuangan │ Jasa Audit | Konsultan Manajemen Bisnis | Jasa

Konsultan Pajak , Tanggal Efektif

Suatu aktiva tidak berwujud yang timbul dari pengembangan (atau dari tahap pengembangan pada suatu proyek intern) diakui jika, dan hanya jika, perusahaan dapat menunjukkan semua hal berikut ini;

  • kelayakan teknis penyelesaian aktiva tidak berwujud tersebut sehingga aktiva tersebut dapat digunakan atau dijual,
  •  niat untuk menyelesaikan aktiva tidak berwujud tersebut dan menggunakannya atau menjualnya;
  • kemampuan untuk menggunakan atau menjual aktiva tidak berwujud tersebut;
  • cara aktiva tidak berwujud menghasilkan kemungkinan manfaat ekonomis masa depan, yaitu antara lain perusahaan harus mampu menunjukkan adanya pasar bagi keluaran aktiva tidak berwujud atau pasar atas aktiva tidak berwujud itu sendiri, atau, jika aktiva Oak berwujud itu akan digunakan secara intern, perusahaan harus mampu menunjukkan kegunaan aktiva tidak berwujud tersebut;
  • tersedianya sumber daya teknis, keuangan, dan sumber daya lainnya untuk menyelesaikan pengembangan aktiva tidak berwujud dan menggunakan atau menjual aktiva tersebut; dan
  • kemampuan untuk mengukur secara andal pengeluaran yang terkait dengan aktiva tidak berwujud selama pengembangannya.

Dalam tahap pengembangan suatu proyek, kadang-kadang perusahaan dapat mengidentifikasi aktiva tidak berwujud dan menunjukkan bahwa aktiva tersebut akan menghasilkan kemungkinan manfaat ekonomis masa depan. Hal itu dimungkinkan karena tahap pengembangan suatu proyek lebih maju jika dibandingkan dengan tahap riset.

Contoh-contoh kegiatan pengembangan adalah:

  •  desain, konstruksi, dan pengujian prototipe dan model sebelum produksi;
  • desain peralatan, cetakan, dan pewarnaan yang melibatkan teknologi baru;
  • desain, konstruksi, dan operasi pabrik percontohan yang skalanya tidak ekonomis untuk produksi komersial; dan
  • desain, konstruksi, dan pengujian alternatif bahan baku, peralatan, produk, proses, sistem, atau jasa yang baru atau yang diperbaiki.

Untuk menunjukkan cara aktiva tidak berwujud menghasilkan kemungkinan manfaat ekonomis masa depan, perusahaan melakukan penilaian terhadap manfaat ekonomis masa depan yang akan diterima dari aktiva tersebut berdasarkan prinsip-prinsip yang terkandung di dalam PSAK 48: Penurunan Nilai Aktiva. Jika aktiva tersebut hanya akan menghasilkan manfaat ekonomis ketika digunakan bersama dengan aktiva lainnya, maka perusahaan menerapkan konsep unit penghasil kas sebagaimana dijelaskan dalam PSAK 48.

Tersedianya sumber daya untuk menyelesaikan, menggunakan, dan memperoleh manfaat dari aktiva tidak berwujud akan tampak dari, misalnya, rencana usaha yang menunjukkan sumber daya keuangan, sumber daya yang teknis, sumber daya lainnya yang dibutuhkan, dan kemampuan perusahaan untuk mendapatkan sumber daya tersebut. Dalam kasus-kasus tertentu, perusahaan menunjukkan tersedianya pendanaan dari luar perusahaan dengan cara memperoleh komitmen dari pemberi pinjaman untuk mendanai rencana tersebut.

Sistem harga pokok perusahaan sering kali dapat mengukur secara andal biaya perolehan aktiva tidak berwujud yang dihasilkan secara intern, misalnya gaji dan pengeluaran lainnya yang dilakukan dalam rangka mendapatkan hak cipta atau lisensi atau mengembangkan piranti lunak komputer.

Merek, daftar pelanggan yang dihasilkan secara intern, dan hal-hal sejenis yang substansinya sama tidak boleh diakui sebagai aktiva tidak berwujud.

Pernyataan ini menganut pandangan bahwa pengeluaran dalam rangka menghasilkan merek, daftar pelanggan yang dihasilkan secara intern, dan hal-hal sejenis yang substansinya sama tidak dapat dibedakan dengan biaya untuk mengembangkan usaha secara keseluruhan. Oleh karena itu, hal-hal tersebut tidak diakui sebagai aktiva tidak berwujud.

Apabila Anda membutuhkan Jasa Konsultan Pajak silahkan  untuk menghubungi kami baik untuk konsultasi maupun berminat menggunakan jasa kami. Kami akan segera merespon pertanyaan Anda secepat yang bisa kami lakukan. Terima kasih.

Mitra Konsultindo Jasa Konsultan Pajak

Phone          : 082112290033
Telpon          : (021) 589 07 177
Email            : mitrakonsultindo99@gmail.com
Website     : www.mitrakonsultindo.co.id
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *