Konsultan Pajak Jakarta Jasa – Tahap – Tahap Perencanaan Pajak

Konsultan Pajak Jakarta Jasa │ Jasa Pembukuan Akuntansi Laporan Keuangan │ Jasa Audit | Konsultan Manajemen Bisnis | Jasa Pembuatan Perusahaan & Izin Usaha

Perencanaan pajak yang baik hanya dapat dilakukan oleh Wajib Pajak yang bijak (baca: cerdik). Untuk menjadi Wajib Pajak yang bijak yang mampu melakukan perencanaan pajak dengan baik, terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui oleh Wajib Pajak. Tahapan-tahapan tersebut terdiri dari : tahap pemahaman, tahap penentuan tujuan, tahap pemilihan strategi perencanaan pajak, tahap penentuan teknik perencanaan pajak, tahap implementasi, dan tahap evaluasi.

1.   Tahap Pemahaman

Tahap pemahaman merupakan tahap yang paling penting dalam melakukan perencanaan pajak. Wajib Pajak yang faham mengenai peraturan perpajakan, memahami kondisi internal, memahami kondisi eksternal, dan varian-varian perencanaan pajak akan mampu melakukan perencanaan pajak dengan baik. Pentingnya aspek pemahaman ini bisa dilukiskan dengan sebuah ungkapan bijak yang mengatakan bahwa, “dengan memahami persoalan secara baik berarti 50% dari solusi telah tercapai !.”

a.   Memahami Peraturan Perpajakan
Peraturan perpajakan akan senantiasa berubah dan bertambah, seperti misalnya berubahnya tarif pajak, berubahnya besaran Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dan batas omzet penggunaan norma penghitungan, bertambahnya objek pajak, berubahnya bentuk dan jenis formulir/dokumen perpajakan, dan lain sebagainya. Perubahan-perubahan tersebut merupakan suatu keniscayaan, karena dimaksudkan untuk menampung perkembangan yang terjadi di dalam masyarakat sejalan dengan dinamika kehidupan sosial-ekonomi-politik. Meskipun demikian, terdapat hal-hal prinsip/pokok yang tidak akan berubah, karena hal tersebut merupakan inti atau ‘ruh’ dari perpajakan. Pemahaman terhadap ruh atau ‘spirit’ perpajakan tersebut membuat Wajib Pajak mampu memahami hal-hal yang melatarbelakangi dibuatnya suatu peraturan perpajakan. Setelah itu, Wajib Pajak juga mampu mengetahui celah-celah di dalam peraturan perpajakan yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan Wajib Pajak.

b.  Memahami Kondisi Internal
Sekurang-kurangnya terdapat tiga kondisi internal yang harus dipertimbangkan Dalam melakukan perencanaan perpajakan. Pertama, bentuk dan ukuran usaha (bentuk usaha perorangan atau badan, ukuran omzet/peredara usaha, dan lain-lain). Kedua, karakteristik usaha yang dimiliki oleh wajib pajak (perdagangan, industri, dan jasa). Ketiga, kondisi likuidasi wajib Pajak (perusahaan dalam keadaan untung atau merugi).

c.   Memahami Kondisi Eksternal
Wajib Pajak perlu mempertimbangkan kondisi-kondisi eksternal di dalam melakukan perencanaan pajak. Kondisi-kondisi eksternal tersebut diantaranya adalah tingkat inflasi, kebijakan pemerintah, respon/pergerakan/sentimen pasar, iklim persaingan usaha dan lain sebagainya.

d.  Memahami Variabel-variabel Perencanaan Pajak
variabel-variabel di dalam melakukan perencanaan pajak terdiri dari variabel entitas, variabel periode waktu, variabel peraturan pajak, dan variabel karakeristik peraturan.

  • Variabel Entitas
    Variabel ini perlu diperhatikan oleh wajib Pajak yang memiliki penyertaan pada wajib pajak yang lain, atau wajib pajak ynang tergabung dalam  suatu grup perusahaan. wajib pajak dapat menentutkan entitas yang  mana yang menjalankan transaksi, dengan begitu, wajib pajak juga dapat menentukan entitas yang mana yang akan membayar pajaknya. Hasil yang dapat dicapai pada tahapan ini adalah wajib Pajak akan mengalami penurunan beban pajak dan sekaligus meningkatkan cash flows, karena penghasilan diperoleh dari entitas yang dikenakan tarif paiak yang rendah. Langkah-langkah yang dapat dijalankan adalah:

1)  Memindahkan Penghasilan
Penghasilan dari aktivitas bisnis yang diperoleh ,entitas yang dikenakan pajak dengan tarif pajak yang tinggi, dapat ‘dipindahkan’ kepada entitas yang dikenakan paiak dengan tarif pajak yang lebih rendah,  sehingga pajak atas penghasilan dari aktivitas  bisnis tersebut dapat dikurangi.

2)  Memindahkan Biaya
Entitas yang dikenakan pajak dengan tarif pajak yang rendah, dapat memindahkan biaya-biaya kepada entitas yang dikenakan pajak dengan tarif pajak yang lebih tinggi, sehingga pajak yang dikenakanakan mengalami penurunan.

3)  Melakukan Transfer Pricing
Wajib Pajak-Wajib Pajak yang memiliki hubungan istimewa (related parties), dapat melakukan praktek transfer pricing di antara mereka ‘sedemikian rupa’ sehingga pajak yang akan dibayar dapat diatur seefisien mungkin.

  • Variabel Waktu
    wajib Pajak dapat menentukan kapan terjadinya  transaksi, dan dengan demikian, Wajib pajak juga dapat menentukan kapan saat pajak akan dibayar. Hasil yang diharapkan dapat dicapai dalam tahapan ini wajib Pajak akan mengalami penurunan beban pajak dan sekaligus peningkatan cash flows,  karena kewajiban pajak (tax liability) ditangguhkan hingga tahun pajak berikutnya.
  • Variabel Peraturan Perpajakan
    Berdasarkan pemahamannya terhadap peraturan perpajakan, wajib Pajak dapat menentukan aturan (aspek hukum pajak yang mana) yang akan dipakai untuk mengatur suatu transaksi. Hasil yang diharapkan adalah berupa penurunan beban pajak dan peningkatan cash flows karena penghasilan diperoleh dalam suatu hukum/aturan pajak dengan tarif pajak yang rendah.
  • Variabel Karakteristik (Kekhususan) Peraturan Pajak
    wajib Pajak (berdasarkan pemahamannya terhadap karakter/sifat peraturan perpajakan) dapat menentukan aturan pajak yang akan dipakai untuk mengatur suatu transaksi. Hasil yang diharapkan adalah berupa penurunan beban pajak dan peningkatan cash flows, karena penghasilan dikenakan pajak dengan tarif yang istimewa karena sifatnya.

2.   Tahap Penentuan Tujuan

secara umum, tujuan yang hendak dicapai oleh wajib Pajak dalam melakukan perencanaan pajak adalah untuk mengendalikan likuiditas perusahaan, memaksimalkan net present value, dan membentuk citra sebagai Wajib Pajak yang baik dan patuh.

3.   Tahap Pemilihan Strategi

Dengan berbekal pemahaman secara menyeluruh (komprehensif) terhadap segala aspek yang melingkupi, Wajib Pajak dapat menentukan strategi perencanaan pajak mana yang paling sesuai dengan karakteristik yang dimilikinya dan yang paling sesuai dengan tujuan yang hendak dicapainya.

4.   Tahap Penentuan Teknik

Setelah Wajib Pajak memilih strategi perencanaan pajak, maka tahapan berikutnya adalah menentukan teknik-teknik perencanaan pajak yang akan dipergunakan.

5.   Tahap Implementasi

Setelah Wajib Pajak menentukan teknik-teknik perencanaan pajak yang akan dipergunakan, selanjutnya adalah mengimplementasikan setelah Wajib perencanaan pajak dipergunakan.

6.   Tahap Evaluasi

Selanjutnya, setelah Perencanaan melakukan evaluasi secara berkala melakukan Perencanaan Pajak. pajak diimplementasikan, Wajib Pajak perlu melakukan evaluas secara berkala untuk menilai keberhasilan yang diperoleh dalam perencanaan pajak.

Copyright © Mitra Konsultindo – Konsultan Pajak ®

konsultan pajak , jasa konsultan pajak , konsultan pajak jakarta , konsultan pajak indonesia , konsultan pajak jabodetabek , konsultan pajak jakarta barat , konsultan pajak jakarta timur , konsultan pajak jakarta selatan , konsultan pajak jakarta utara , konsultan pajak jakarta pusat , konsultan pajak bogor , konsultan pajak depok , konsultan pajak tangerang , konsultan pajak bekasi , kantor konsultan pajak , konsultan pajak murah , jasa konsultasi pajak , tarif konsultan pajak , jasa laporan keuangan , pembuatan laporan keuangan , jasa manajemen bisnis , konsultan bisnis , jasa konsultan pajak jakarta , jasa konsultasi pajak , jasa laporan pajak , jasa laporan spt pajak , jasa laporan spt tahunan , jasa laporan spt masa bulanan , jasa laporan spt pajak orang pribadi , jasa laporan spt pajak badan usaha , jasa laporan spt pajak perusahaan , jasa laporan keuangan , jasa pembuatan laporan keuangan , jasa akuntansi , jasa pembukuan , jasa pembuatan laporan pajak , jasa pembuatan laporan spt pajak , jasa pembuatan laporan spt tahunan , jasa pembuatan spt pajak , jasa pembuatan spt tahunan , jasa pembuatan spt masa bulanan , jasa pembuatan spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan spt tahunan perusahaan , konsultan pajak 2014 , jasa konsultan pajak 2014 , konsultan pajak 2015 , jasa konsultan pajak 2015 , jasa laporan spt tahunan orang pribadi , jasa laporan spt tahunan badan usaha , jasa laporan spt tahunan perusahaan , jasa pembuatan spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan spt tahunan perusahaan , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan perusahaan ,

jasa akuntansi , jasa akutansi , jasa pembukuan , jasa akuntansi pembukuan , jasa pembukuan akuntansi , jasa pembukuan laporan keuangan , jasa akuntansi laporan keuangan , jasa laporan keuangan , jasa pembuatan laporan keuangan , jasa pembuatan perusahaan , jasa pendiriaan perusahaan , jasa pembuatan usaha , jasa pendirian usaha , jasa pembuatan pt , jasa pendirian pt , jasa pembuatan cv , jasa pendirian cv , jasa audit , jasa audit laporan keuangan , jasa internal audit , jasa pengurusan izin usaha , jasa pengurusan ijin usaha , jasa perizinan usaha , jasa perijinan usaha ,

jasa akuntansi jakarta , jasa akutansi jakarta , jasa pembukuan jakarta , jasa akuntansi pembukuan jakarta , jasa pembukuan akuntansi jakarta , jasa pembukuan laporan keuangan jakarta , jasa akuntansi laporan keuangan jakarta , jasa laporan keuangan jakarta , jasa pembuatan laporan keuangan jakarta , jasa pembuatan perusahaan jakarta , jasa pendiriaan perusahaan jakarta , jasa pembuatan usaha jakarta , jasa pendirian usaha jakarta , jasa pembuatan pt jakarta , jasa pendirian pt jakarta , jasa pembuatan cv jakarta , jasa pendirian cv jakarta , jasa audit jakarta , jasa audit laporan keuangan jakarta , jasa internal audit jakarta , jasa pengurusan izin usaha jakarta , jasa pengurusan ijin usaha jakarta , jasa perizinan usaha jakarta , jasa perijinan usaha jakarta ,

jasa manajemen bisnis , jasa bisnis manajemen , jasa konsultan bisnis , jasa konsultan manajemen , jasa konsultan bisnis manajemen , jasa konsultan manajemen bisnis , jasa manajemen bisnis jakarta , jasa bisnis manajemen jakarta , jasa konsultan bisnis jakarta , jasa konsultan manajemen jakarta , jasa konsultan bisnis manajemen jakarta , jasa konsultan manajemen bisnis jakarta

===

jasa akuntansi bogor , jasa akutansi bogor , jasa pembukuan bogor , jasa akuntansi pembukuan bogor , jasa pembukuan akuntansi bogor , jasa pembukuan laporan keuangan bogor , jasa akuntansi laporan keuangan bogor , jasa laporan keuangan bogor , jasa pembuatan laporan keuangan bogor , jasa pembuatan perusahaan bogor , jasa pendiriaan perusahaan bogor , jasa pembuatan usaha bogor , jasa pendirian usaha bogor , jasa pembuatan pt bogor , jasa pendirian pt bogor , jasa pembuatan cv bogor , jasa pendirian cv bogor , jasa audit bogor , jasa audit laporan keuangan bogor , jasa internal audit bogor , jasa pengurusan izin usaha bogor , jasa pengurusan ijin usaha bogor , jasa perizinan usaha bogor , jasa perijinan usaha bogor ,

jasa manajemen bisnis bogor , jasa bisnis manajemen bogor , jasa konsultan bisnis bogor , jasa konsultan manajemen bogor , jasa konsultan bisnis manajemen bogor , jasa konsultan manajemen bisnis bogor ,

jasa akuntansi depok , jasa akutansi depok , jasa pembukuan depok , jasa akuntansi pembukuan depok , jasa pembukuan akuntansi depok , jasa pembukuan laporan keuangan depok , jasa akuntansi laporan keuangan depok , jasa laporan keuangan depok , jasa pembuatan laporan keuangan depok , jasa pembuatan perusahaan depok , jasa pendiriaan perusahaan depok , jasa pembuatan usaha depok , jasa pendirian usaha depok , jasa pembuatan pt depok , jasa pendirian pt depok , jasa pembuatan cv depok , jasa pendirian cv depok , jasa audit depok , jasa audit laporan keuangan depok , jasa internal audit depok , jasa pengurusan izin usaha depok , jasa pengurusan ijin usaha depok , jasa perizinan usaha depok , jasa perijinan usaha depok ,

jasa manajemen bisnis depok , jasa bisnis manajemen depok , jasa konsultan bisnis depok , jasa konsultan manajemen depok , jasa konsultan bisnis manajemen depok , jasa konsultan manajemen bisnis depok ,

jasa akuntansi tangerang , jasa akutansi tangerang , jasa pembukuan tangerang , jasa akuntansi pembukuan tangerang , jasa pembukuan akuntansi tangerang , jasa pembukuan laporan keuangan tangerang , jasa akuntansi laporan keuangan tangerang , jasa laporan keuangan tangerang , jasa pembuatan laporan keuangan tangerang , jasa pembuatan perusahaan tangerang , jasa pendiriaan perusahaan tangerang , jasa pembuatan usaha tangerang , jasa pendirian usaha tangerang , jasa pembuatan pt tangerang , jasa pendirian pt tangerang , jasa pembuatan cv tangerang , jasa pendirian cv tangerang , jasa audit tangerang , jasa audit laporan keuangan tangerang , jasa internal audit tangerang , jasa pengurusan izin usaha tangerang , jasa pengurusan ijin usaha tangerang , jasa perizinan usaha tangerang , jasa perijinan usaha tangerang ,

jasa manajemen bisnis tangerang , jasa bisnis manajemen tangerang , jasa konsultan bisnis tangerang , jasa konsultan manajemen tangerang , jasa konsultan bisnis manajemen tangerang , jasa konsultan manajemen bisnis tangerang ,

jasa akuntansi bekasi , jasa akutansi bekasi , jasa pembukuan bekasi , jasa akuntansi pembukuan bekasi , jasa pembukuan akuntansi bekasi , jasa pembukuan laporan keuangan bekasi , jasa akuntansi laporan keuangan bekasi , jasa laporan keuangan bekasi , jasa pembuatan laporan keuangan bekasi , jasa pembuatan perusahaan bekasi , jasa pendiriaan perusahaan bekasi , jasa pembuatan usaha bekasi , jasa pendirian usaha bekasi , jasa pembuatan pt bekasi , jasa pendirian pt bekasi , jasa pembuatan cv bekasi , jasa pendirian cv bekasi , jasa audit bekasi , jasa audit laporan keuangan bekasi , jasa internal audit bekasi , jasa pengurusan izin usaha bekasi , jasa pengurusan ijin usaha bekasi , jasa perizinan usaha bekasi , jasa perijinan usaha bekasi ,

jasa manajemen bisnis bekasi , jasa bisnis manajemen bekasi , jasa konsultan bisnis bekasi , jasa konsultan manajemen bekasi , jasa konsultan bisnis manajemen bekasi , jasa konsultan manajemen bisnis bekasi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *