Konsultan Pajak Jakarta Jasa – Perencanaan Pajak Untuk PPh Pasal 21

Konsultan Pajak Jakarta Jasa │ Jasa Pembukuan Akuntansi Laporan Keuangan │ Jasa Audit | Konsultan Manajemen Bisnis | Jasa Pembuatan Perusahaan & Izin Usaha

Prinsip-prinsip perencanaan pajak untuk PPh Pasal 21 adalah seperti di bawah ini :

1. Bagi Wajib Pajak yang menderita kerugian, mengganti pemberian kesejahteraan kepada karyawan dalam bentuk natura menjadi tunjangan berupa uang hanya akan menaikkan PPh Pasal 21, sementara PPh badan tetap Nihil karena masih merugi;

2. Bagi Wajib Pajak Badan yang memiliki penghasilan kena pajak dengan jumlah yang melebihi Rp 100 juta, diusahakan sesedikit mungkin memberikan kesejahteraan karyawan dalam bentuk natura, agar dapat mengurangi penghasilan bruto perusahaan. Karena memindahkan pengenaan pajak dari PPh Badan kepada PPh Pasal 21 akan lebih menguntungkan perusahaan, dimana tarif progresif PPh Orang Pribadi akan dimanfaatkan oleh semua karyawan;

3. Bagi wajib Pajak Badan yang memiliki penghasilan kena pajak dengan jumlah melebihi Rp 100 juta, dan memiliki karyawan yang memperoleh penghasilan di atas Rp 200 juta, maka lebih baik setiap tambahan penghasilan kepada karyawannya diberikan dalam bentuk natura. Hal ini dikarenakan untuk Wajib Pajak Orang Pribadi, tarif pajak tertinggi adalah 35% untuk lapisan penghasilan di atas Rp 200 juta, sedangkan untuk PPh Badan menggunakan tarif tertinggi 30%;

4. Untuk biaya-biaya berupa natura/kenikmatan/fasilitas yang merupakan keharusan, sebaiknya diberikan dalam bentuk natura karena dapat dibiayakan secara fiskal, dan bukan objek Pajak Penghasilan bagi karyawan yang menerimanya, yaitu :

–       Makanan dan minuman yang dimanfaatkan untuk seluruh maupun hanya oleh sebagian karyawan;
–       Diwajibkan oleh Peraturan Keselamatan Kerja, semisal helm proyek;
–       Di daerah terpencil;
–       Tuntutan situasi lingkungan pekerjaan, semisal seragam satpam, seragam karyawan yang melayani pelanggan, dan sebagainya;
–       Fasilitas mobil dan ponsel, pengeluarannya dapat dibebankan sebesar setengahnya;
–       Pendidikan dan pelatihan karyawan.

PERENCANAAN PAJAK UNTUK PPh PASAL 23/26/FINAL

Prinsip-prinsip perencanaan pajak untuk PPh Pasal 23/26/PPh Final adalah sebagai berikut:

1. Menghindari penggunaan nama-nama perkiraan (account) yang mudah diartikan sebagai objek PPh Pasal 23/26/Final. Sebagai contoh : pembayaran royalti sebenarnya merupakan biaya atas pemakaian aktiva tak berwujud;

2. Melakukan pemisahan antara pencatatan pembelian material dan pembelian jasanya, dalam hal pemotongan Pajak Penghasilan dikenakan hanya atas jasanya. Misalnya, biaya pemeliharaan agar dipisahkan antara biaya jasa yang dilakukan oleh pihak lain (objek PPh Pasal 23) dengan material dan biaya pemeliharaan yang dilakukan sendiri (bukan objek PPh Pasal 23);

3. Untuk PPh final, Wajib Pajak sebaiknya menghindari penggunaan supplier yang bertingkat, dengan tujuan untuk menekan biaya menjadi lebih murah;

4. Dalam menghadapi pihak yang tidak bersedia dipungut/ dipotong pajaknya, Wajib Pajak dapat memilih alternatif sebagai berikut :

  • Jika Wajib Pajak tersebut memperoleh laba (tidak menderita kerugian) dan pengenaan pajaknya tidak bersifat final, pajak yang harus dipotong lebih menguntungkan apabila dihitung dengan menggunakan metode gross up ke dalam objek pemotongan (withholding tax), sehingga pajak yang dipotong dan disetor dapat dikurangkan dari penghasilan bruto perusahaan;
  • Apabila Wajib pajak sedang dalam keadaan merugi atau pajaknya bersifat final, sebaiknya tidak menggunakan metode gross-up karena tidak efisien dan akan menambah jumlah pajak yang harus dibayar.

5. Untuk dapat menerapkan ketentuan dalam Perjanjian Penghindaran Pajak Berganda (P3B), Wajib pajak harus memastikan untuk memperoleh ceftificate of residence taxpayer (CRT), dalam hal terjadi transaksi dengan pihak luar negeri;

6. Menghindari Beban Pajak Pihak Lain.
Dengan memahami seluk-beluk perpajakan internasional, Wajib Pajak dapat menghindari beban pajak subjek pajak luar negeri, sehingga tidak menjadi beban diri sendiri.

Contoh kasus :

  • Terjadi transaksi peminjaman uang antara debitur dari Indonesia yang meminjam uang dari kreditur USA. Di dalam perjanjian kredit disebutkan bahwa pajak-pajak yang terutang di Indonesia menjadi tanggungan pihak debitur. Berdasarkan perjanjian penghindaran pajak berganda antara Indonesia dan Amerika, pajak yang dipotong di Indonesia dapat dipergunakan sebagai kredit pajak di Amerika. Dengan demikian, isi naskah dari perjanjian kredit tersebut sebaiknya diubah, sehingga pihak debitur di Indonesia tidak menanggung pembayaran PPh Pasal 26.
  • Wajib Pajak di Indonesia menggunakan perusahaan jasa konsultan dari negara Australia. Pekerjaan akan berlangsung selama 7 bulan. Sebagian dari pekerjaan tersebut dilaksanakan di Australia, sedangkan sebagian dari pekerjaan yang lain dilaksanakan di Indonesia. Perusahaan konsultan tersebut menempatkan karyawannya di Indonesia selama 5 bulan. Apabila di dalam kontrak perjanjian disebutkan bahwa pajak yang timbul di Indonesia akan menjadi tanggungan pihak pembeli jasa di Indonesia, maka isi naskah kontrak tersebut sebaiknya diubah dan bahwa pajak tetap menjadi tanggungan perusahaan jasa Australia tersebut.Terdapat dua alternatif yang dapat dilaksanakan, pertama, membiarkan perusahaan jasa Australia tersebut memiliki Bentuk Usaha Tetap di Indonesia dan membayar pajaknya sendiri di Indonesia. Wajib Pajak di Indonesia sebagai pihak pembeli hanya memotong PPh Pasal 23 dan menanggung PPN. Alternatif kedua, menghindari timbulnya BUT dengan membuat perjanjian baru di mana pegawai asing yang harus bekerja di Indonesia dijadikan pegawai pihak pembeli di Indonesia yang akan memotong PPh Pasal 21 ketika memberikan gaji. Untuk pekerjaan yang dilakukan di Australia dibuatkan perjanjian tersendiri dan tidak terkena pemotongan PPh Pasal 26 berdasarkan perjanjian penghindaran pajak berganda Indonesia dengan Australia, tetapi tetap merupakan objek PPN yang dibayar oleh pihak pembeli jasa di Indonesia.

Copyright © Mitra Konsultindo – Konsultan Pajak ®

konsultan pajak , jasa konsultan pajak , konsultan pajak jakarta , konsultan pajak indonesia , konsultan pajak jabodetabek , konsultan pajak jakarta barat , konsultan pajak jakarta timur , konsultan pajak jakarta selatan , konsultan pajak jakarta utara , konsultan pajak jakarta pusat , konsultan pajak bogor , konsultan pajak depok , konsultan pajak tangerang , konsultan pajak bekasi , kantor konsultan pajak , konsultan pajak murah , jasa konsultasi pajak , tarif konsultan pajak , jasa laporan keuangan , pembuatan laporan keuangan , jasa manajemen bisnis , konsultan bisnis , jasa konsultan pajak jakarta , jasa konsultasi pajak , jasa laporan pajak , jasa laporan spt pajak , jasa laporan spt tahunan , jasa laporan spt masa bulanan , jasa laporan spt pajak orang pribadi , jasa laporan spt pajak badan usaha , jasa laporan spt pajak perusahaan , jasa laporan keuangan , jasa pembuatan laporan keuangan , jasa akuntansi , jasa pembukuan , jasa pembuatan laporan pajak , jasa pembuatan laporan spt pajak , jasa pembuatan laporan spt tahunan , jasa pembuatan spt pajak , jasa pembuatan spt tahunan , jasa pembuatan spt masa bulanan , jasa pembuatan spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan spt tahunan perusahaan , konsultan pajak 2014 , jasa konsultan pajak 2014 , konsultan pajak 2015 , jasa konsultan pajak 2015 , jasa laporan spt tahunan orang pribadi , jasa laporan spt tahunan badan usaha , jasa laporan spt tahunan perusahaan , jasa pembuatan spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan spt tahunan perusahaan , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan perusahaan ,

jasa akuntansi , jasa akutansi , jasa pembukuan , jasa akuntansi pembukuan , jasa pembukuan akuntansi , jasa pembukuan laporan keuangan , jasa akuntansi laporan keuangan , jasa laporan keuangan , jasa pembuatan laporan keuangan , jasa pembuatan perusahaan , jasa pendiriaan perusahaan , jasa pembuatan usaha , jasa pendirian usaha , jasa pembuatan pt , jasa pendirian pt , jasa pembuatan cv , jasa pendirian cv , jasa audit , jasa audit laporan keuangan , jasa internal audit , jasa pengurusan izin usaha , jasa pengurusan ijin usaha , jasa perizinan usaha , jasa perijinan usaha ,

jasa akuntansi jakarta , jasa akutansi jakarta , jasa pembukuan jakarta , jasa akuntansi pembukuan jakarta , jasa pembukuan akuntansi jakarta , jasa pembukuan laporan keuangan jakarta , jasa akuntansi laporan keuangan jakarta , jasa laporan keuangan jakarta , jasa pembuatan laporan keuangan jakarta , jasa pembuatan perusahaan jakarta , jasa pendiriaan perusahaan jakarta , jasa pembuatan usaha jakarta , jasa pendirian usaha jakarta , jasa pembuatan pt jakarta , jasa pendirian pt jakarta , jasa pembuatan cv jakarta , jasa pendirian cv jakarta , jasa audit jakarta , jasa audit laporan keuangan jakarta , jasa internal audit jakarta , jasa pengurusan izin usaha jakarta , jasa pengurusan ijin usaha jakarta , jasa perizinan usaha jakarta , jasa perijinan usaha jakarta ,

jasa manajemen bisnis , jasa bisnis manajemen , jasa konsultan bisnis , jasa konsultan manajemen , jasa konsultan bisnis manajemen , jasa konsultan manajemen bisnis , jasa manajemen bisnis jakarta , jasa bisnis manajemen jakarta , jasa konsultan bisnis jakarta , jasa konsultan manajemen jakarta , jasa konsultan bisnis manajemen jakarta , jasa konsultan manajemen bisnis jakarta

===

jasa akuntansi bogor , jasa akutansi bogor , jasa pembukuan bogor , jasa akuntansi pembukuan bogor , jasa pembukuan akuntansi bogor , jasa pembukuan laporan keuangan bogor , jasa akuntansi laporan keuangan bogor , jasa laporan keuangan bogor , jasa pembuatan laporan keuangan bogor , jasa pembuatan perusahaan bogor , jasa pendiriaan perusahaan bogor , jasa pembuatan usaha bogor , jasa pendirian usaha bogor , jasa pembuatan pt bogor , jasa pendirian pt bogor , jasa pembuatan cv bogor , jasa pendirian cv bogor , jasa audit bogor , jasa audit laporan keuangan bogor , jasa internal audit bogor , jasa pengurusan izin usaha bogor , jasa pengurusan ijin usaha bogor , jasa perizinan usaha bogor , jasa perijinan usaha bogor ,

jasa manajemen bisnis bogor , jasa bisnis manajemen bogor , jasa konsultan bisnis bogor , jasa konsultan manajemen bogor , jasa konsultan bisnis manajemen bogor , jasa konsultan manajemen bisnis bogor ,

jasa akuntansi depok , jasa akutansi depok , jasa pembukuan depok , jasa akuntansi pembukuan depok , jasa pembukuan akuntansi depok , jasa pembukuan laporan keuangan depok , jasa akuntansi laporan keuangan depok , jasa laporan keuangan depok , jasa pembuatan laporan keuangan depok , jasa pembuatan perusahaan depok , jasa pendiriaan perusahaan depok , jasa pembuatan usaha depok , jasa pendirian usaha depok , jasa pembuatan pt depok , jasa pendirian pt depok , jasa pembuatan cv depok , jasa pendirian cv depok , jasa audit depok , jasa audit laporan keuangan depok , jasa internal audit depok , jasa pengurusan izin usaha depok , jasa pengurusan ijin usaha depok , jasa perizinan usaha depok , jasa perijinan usaha depok ,

jasa manajemen bisnis depok , jasa bisnis manajemen depok , jasa konsultan bisnis depok , jasa konsultan manajemen depok , jasa konsultan bisnis manajemen depok , jasa konsultan manajemen bisnis depok ,

jasa akuntansi tangerang , jasa akutansi tangerang , jasa pembukuan tangerang , jasa akuntansi pembukuan tangerang , jasa pembukuan akuntansi tangerang , jasa pembukuan laporan keuangan tangerang , jasa akuntansi laporan keuangan tangerang , jasa laporan keuangan tangerang , jasa pembuatan laporan keuangan tangerang , jasa pembuatan perusahaan tangerang , jasa pendiriaan perusahaan tangerang , jasa pembuatan usaha tangerang , jasa pendirian usaha tangerang , jasa pembuatan pt tangerang , jasa pendirian pt tangerang , jasa pembuatan cv tangerang , jasa pendirian cv tangerang , jasa audit tangerang , jasa audit laporan keuangan tangerang , jasa internal audit tangerang , jasa pengurusan izin usaha tangerang , jasa pengurusan ijin usaha tangerang , jasa perizinan usaha tangerang , jasa perijinan usaha tangerang ,

jasa manajemen bisnis tangerang , jasa bisnis manajemen tangerang , jasa konsultan bisnis tangerang , jasa konsultan manajemen tangerang , jasa konsultan bisnis manajemen tangerang , jasa konsultan manajemen bisnis tangerang ,

jasa akuntansi bekasi , jasa akutansi bekasi , jasa pembukuan bekasi , jasa akuntansi pembukuan bekasi , jasa pembukuan akuntansi bekasi , jasa pembukuan laporan keuangan bekasi , jasa akuntansi laporan keuangan bekasi , jasa laporan keuangan bekasi , jasa pembuatan laporan keuangan bekasi , jasa pembuatan perusahaan bekasi , jasa pendiriaan perusahaan bekasi , jasa pembuatan usaha bekasi , jasa pendirian usaha bekasi , jasa pembuatan pt bekasi , jasa pendirian pt bekasi , jasa pembuatan cv bekasi , jasa pendirian cv bekasi , jasa audit bekasi , jasa audit laporan keuangan bekasi , jasa internal audit bekasi , jasa pengurusan izin usaha bekasi , jasa pengurusan ijin usaha bekasi , jasa perizinan usaha bekasi , jasa perijinan usaha bekasi ,

jasa manajemen bisnis bekasi , jasa bisnis manajemen bekasi , jasa konsultan bisnis bekasi , jasa konsultan manajemen bekasi , jasa konsultan bisnis manajemen bekasi , jasa konsultan manajemen bisnis bekasi

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *