Konsultan Pajak Jakarta Jasa – Piutang Tak Tertagih

Konsultan Pajak Jakarta Jasa │ Jasa Pembukuan Akuntansi Laporan Keuangan │ Jasa Audit | Konsultan Manajemen Bisnis | Jasa Pembuatan Perusahaan & Izin Usaha

Wajib Pajak diperkenankan untuk membebankan piutang yang tidak tertagih sebagai pengurang penghasilan sebelum dikenakan Pajak Penghasilan, hanya hal tersebut memerlukan persyaratan kumulatif yang tidak sederhana. Menurut UU PPh pasal 6 (1) huruf h, piutang yang nyata-nyata tidak dapat ditagih dapat dibebankan sebagai biaya dengan syarat:

1)  telah dibebankan sebagai biaya dalam perhitungan rugi laba komersial;
2)  telah diajukan perkaranya ke Pengadilan Negeri atau Badan Urusan Piutang dan Lelang Negara (BUPLN) atau adanya perjanjian tertulis mengenai penghapusan piutarig/pembebasan utang antara kreditur dan debitur yang bersangkutan;
3)  telah dipublikasikan dalam penerbitan umum dan khusus; dan
4)  Wajib Pajak harus menyerahkan daftar piutang yang tidak dapat ditagih kepada Direktorat Jenderal Pajak.

Syarat kedua dan ketiga tersebut tidak mudah dilaksanakan oleh Wajib Pajak. Syarat kedua dapat dilakukan dengan memberitahukan ke BUPLN atau perjanjian dengan debitur jika mungkin, dan syarat ketiga dipublikasikan di media lokal. Yang penting tanda terima pemberitahuan dan bukti publikasi sudah didapatkan.

Langkah lain yang dapat dilakukan.oleh Wajib Pajak adalah dengan menjual piutang tersebut kepada pihak lain, dengan harga setelah dikurangi penghapusan piutang yang tidak tertagih tersebut, dan mengurangkan kerugian penjualan piutang tersebut sebagai beban.

14.      Bunga Pinjaman dan Deposito

Dalam hal Wajib Pajak memiliki pinjaman dan sekaligus juga memiliki deposito, menurut ketentuan perpajakan (Surat Edaran Dirjen Pajak No. SE-46/PJ.42/1995), pembayaran bunga atas pinjaman yang dapat dibebankan sebagai pengurang penghasilan sebelum dikenakan pajak penghasilan adalah sebesar tingkat suku bunga pinjaman dikurangi tingkat suku bunga deposito dan dikalikan dengan rata-rata jumlah pinjaman setahun. Wajib Pajak yang memiliki pinjaman dan juga memiliki uang kas yang menganggur (idle cash) untuk satu atau dua bulan, sebaiknya mempertimbangkan alternatif berikut ini:

a. Wajib Pajak sebaiknya tidak menempatkan dana yang belum dipergunakan dalam bentuk deposito, melainkan dalam bentuk rekening giro.

b. Atau dengan menempatkan dana tersebut di instrumen keuangan yang tidak terkena pajak final, yang disebut dalam SE-46/PJ.42/1994, misalnya promes, didepositokan diluar negeri, atau dipinjamkan pada perusahaan afiliasi dan sebagainya.

15.    Biaya Entertainment

Biaya entertainment dapat dipergunakan sebagai pengurang penghasilan bruto sebelum dikenakan pajak, dengan syarat dilengkapi dengan daftar nominatif. Untuk menghindari beban pajak yang tidak seharusnya, perusahaan dapat membuat daftar nominatif dan melampirkannya dalam SPT Tahunan PPh Badan, serta menyimpan bukti pendukung pengeluaran entertainment tersebut. Dengan demikian, Wajib Pajak akan memperoleh penghematan pajak sebesar 30% dari biaya entertainment yang boleh dikurangkan. Daftar nominatif berisi:

  • nomor urut;
  • tanggal entertainment;
  • nama tempat entertainment dan sejenisnya yang telah diberikan;
  • alamat entertainment dan sejenisnya yang telah diberikan;
  • jenis entertainment dan sejenisnya yang telah diberikan;
  • jumlah entertainment dan sejenisnya yang telah diberikan;
  • relasi usaha yang diberikan entertainment dan sejenisnya sesuai dengan nomor urut tersebut di atas, berisi : nama, posisi, posisi, nama perusahaan dan jenis usaha.

Hal yang perlu diperhatikan oleh Wajib Pajak adalah dalam pengisian kolom “jenis entertainment” dihindarkan berupa pemberian uang kas yang menyebabkan timbulnya kewajiban memotong Pajak Penghasilan.

16.      Penyetaraan (Ekualisasi) SPT

Dalam pemeriksaan pajak, flskus akan melakukan ekualisasi antara SPT PPh Badan dengan SPT PPh Pasal 21, sebagai bagian dari prosedur pengujian terhadap jumlah gaji, tunjangan, dan biaya lainnya yang dibayarkan. Selisih biaya-biaya tersebut di dalam SPT PPh Badan dengan jumlah yang dilaporkan di dalam SPT PPh Pasal 21, akan dikenakan Pajak Penghasilan dengan tarif minimal 5%. Beberapa hal yang berpotensi untuk menyebabkan terjadinya selisih adalah sebagai berikut:

a. Perbedaan Nilai Tukar Mata Uang Asing (Selisih Kurs).
Faktor penyebabnya adalah bahwa konversi ke Rupiah dalam rangka membayar pajak dengan menggunakan kurs menurut Keputusan Menteri Keuangan. Sedangkan konversi ke Rupiah dalam rangka Akuntansi Komersial dengan menggunakan kurs Bank Indonesia.

 b.   Deductible versus Non Taxable.
Terjadi dalam hal pemberi kerja membayarkan iuran pensiun/JHT.

c.   Non Deductible versus Taxable.
Terjadi apabila terdapat pemberian penghasilan tidak teratur yang berasal dari laba ditahan.

d. Imbalan dalam bentuk natura/fasilitas/kenikmatan, yang bukan objek PPh Pasal 21, tetapi merupakan biaya bagi perusahaan, misalnya:
–       makanan dan minuman,
–       perlengkapan keselamatan kerja,
–       fasilitas daerah terpencil,
–       tuntutan situasi lingkungan pekerjaan,
–       pendidikan dan pelatihan, dan
–       sedan dan ponsel.

Ekualisasi antara SPT PPh Badan dengan SPT PPh Pasal 23/26/Final, dilakukan dengan membandingkan jumlah biaya sewa, bunga, royalti, dan imbalan jasa lainnya yang merupakan biaya-biaya di dalam SPT PPh Badan dengan jumlah yang dilaporkan dalam SPT PPh Pasal 23/26/Final, dan selisihnya akan dikenakan Pajak Penghasilan dengan tarif sesuai dengan jenis objeknya.

Ekualisasi SPT PPh Badan dengan SPT Masa PPN dilakukan dengan membandingkan omzet penjualan dan penghasilan lain yang merupakan objek PPN di SPT PPh Badan dengan jumlah yang dilaporkan dalam SPT PPN. Wajib Pajak harus dapat menjelaskan penyebab timbulnya selisih, yang diantaranya dapat diakibatkan oleh hal-hal sebagai berikut:

a. Selisih Kurs Valuta Asing

Faktor penyebabnya adalah bahwa konversi ke Rupiah dalam rangka membayar Pajak dengan menggunakan kurs menurut Keputusan Menteri Keuangan. Sedangkan konversi ke Rupiah dalam rangka Akuntansi Komersial dengan menggunakan kurs Bank Indonesia.

b. Terjadinya Perbedaan antara:

  • Saat penyerahan Barang Kena Pajak (BKP)/Jasa Kena Pajak (JKP). Penyerahan BKP/JKP terjadi pada bulan Desember tahun sebelumnya, tetapi Faktur Pajak dibuat pada bulan Januari tahun ini
  •  Saat Pembuatan Faktur Pajak.
    Penyerahan BKP/JKP terjadi pada bulan Desember tahun ini, tetapi Faktur Pajak dibuat pada bulan Januari tahun berikutnya.
  •  Saat pelaporan di SPT Masa.
    Transaksi dengan Pemungut PPN, dimana Faktur Pajak dibuat pada tanggal penagihan dan dilaporkan di SPT PPN pada masa dilakukannya pembayaran BKP/JKP oleh Pemungut PPN.

Copyright © Mitra Konsultindo – Konsultan Pajak ®

konsultan pajak , jasa konsultan pajak , konsultan pajak jakarta , konsultan pajak indonesia , konsultan pajak jabodetabek , konsultan pajak jakarta barat , konsultan pajak jakarta timur , konsultan pajak jakarta selatan , konsultan pajak jakarta utara , konsultan pajak jakarta pusat , konsultan pajak bogor , konsultan pajak depok , konsultan pajak tangerang , konsultan pajak bekasi , kantor konsultan pajak , konsultan pajak murah , jasa konsultasi pajak , tarif konsultan pajak , jasa laporan keuangan , pembuatan laporan keuangan , jasa manajemen bisnis , konsultan bisnis , jasa konsultan pajak jakarta , jasa konsultasi pajak , jasa laporan pajak , jasa laporan spt pajak , jasa laporan spt tahunan , jasa laporan spt masa bulanan , jasa laporan spt pajak orang pribadi , jasa laporan spt pajak badan usaha , jasa laporan spt pajak perusahaan , jasa laporan keuangan , jasa pembuatan laporan keuangan , jasa akuntansi , jasa pembukuan , jasa pembuatan laporan pajak , jasa pembuatan laporan spt pajak , jasa pembuatan laporan spt tahunan , jasa pembuatan spt pajak , jasa pembuatan spt tahunan , jasa pembuatan spt masa bulanan , jasa pembuatan spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan spt tahunan perusahaan , konsultan pajak 2014 , jasa konsultan pajak 2014 , konsultan pajak 2015 , jasa konsultan pajak 2015 , jasa laporan spt tahunan orang pribadi , jasa laporan spt tahunan badan usaha , jasa laporan spt tahunan perusahaan , jasa pembuatan spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan spt tahunan perusahaan , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan perusahaan ,

jasa akuntansi , jasa akutansi , jasa pembukuan , jasa akuntansi pembukuan , jasa pembukuan akuntansi , jasa pembukuan laporan keuangan , jasa akuntansi laporan keuangan , jasa laporan keuangan , jasa pembuatan laporan keuangan , jasa pembuatan perusahaan , jasa pendiriaan perusahaan , jasa pembuatan usaha , jasa pendirian usaha , jasa pembuatan pt , jasa pendirian pt , jasa pembuatan cv , jasa pendirian cv , jasa audit , jasa audit laporan keuangan , jasa internal audit , jasa pengurusan izin usaha , jasa pengurusan ijin usaha , jasa perizinan usaha , jasa perijinan usaha ,

jasa akuntansi jakarta , jasa akutansi jakarta , jasa pembukuan jakarta , jasa akuntansi pembukuan jakarta , jasa pembukuan akuntansi jakarta , jasa pembukuan laporan keuangan jakarta , jasa akuntansi laporan keuangan jakarta , jasa laporan keuangan jakarta , jasa pembuatan laporan keuangan jakarta , jasa pembuatan perusahaan jakarta , jasa pendiriaan perusahaan jakarta , jasa pembuatan usaha jakarta , jasa pendirian usaha jakarta , jasa pembuatan pt jakarta , jasa pendirian pt jakarta , jasa pembuatan cv jakarta , jasa pendirian cv jakarta , jasa audit jakarta , jasa audit laporan keuangan jakarta , jasa internal audit jakarta , jasa pengurusan izin usaha jakarta , jasa pengurusan ijin usaha jakarta , jasa perizinan usaha jakarta , jasa perijinan usaha jakarta ,

jasa manajemen bisnis , jasa bisnis manajemen , jasa konsultan bisnis , jasa konsultan manajemen , jasa konsultan bisnis manajemen , jasa konsultan manajemen bisnis , jasa manajemen bisnis jakarta , jasa bisnis manajemen jakarta , jasa konsultan bisnis jakarta , jasa konsultan manajemen jakarta , jasa konsultan bisnis manajemen jakarta , jasa konsultan manajemen bisnis jakarta

===

jasa akuntansi bogor , jasa akutansi bogor , jasa pembukuan bogor , jasa akuntansi pembukuan bogor , jasa pembukuan akuntansi bogor , jasa pembukuan laporan keuangan bogor , jasa akuntansi laporan keuangan bogor , jasa laporan keuangan bogor , jasa pembuatan laporan keuangan bogor , jasa pembuatan perusahaan bogor , jasa pendiriaan perusahaan bogor , jasa pembuatan usaha bogor , jasa pendirian usaha bogor , jasa pembuatan pt bogor , jasa pendirian pt bogor , jasa pembuatan cv bogor , jasa pendirian cv bogor , jasa audit bogor , jasa audit laporan keuangan bogor , jasa internal audit bogor , jasa pengurusan izin usaha bogor , jasa pengurusan ijin usaha bogor , jasa perizinan usaha bogor , jasa perijinan usaha bogor ,

jasa manajemen bisnis bogor , jasa bisnis manajemen bogor , jasa konsultan bisnis bogor , jasa konsultan manajemen bogor , jasa konsultan bisnis manajemen bogor , jasa konsultan manajemen bisnis bogor ,

jasa akuntansi depok , jasa akutansi depok , jasa pembukuan depok , jasa akuntansi pembukuan depok , jasa pembukuan akuntansi depok , jasa pembukuan laporan keuangan depok , jasa akuntansi laporan keuangan depok , jasa laporan keuangan depok , jasa pembuatan laporan keuangan depok , jasa pembuatan perusahaan depok , jasa pendiriaan perusahaan depok , jasa pembuatan usaha depok , jasa pendirian usaha depok , jasa pembuatan pt depok , jasa pendirian pt depok , jasa pembuatan cv depok , jasa pendirian cv depok , jasa audit depok , jasa audit laporan keuangan depok , jasa internal audit depok , jasa pengurusan izin usaha depok , jasa pengurusan ijin usaha depok , jasa perizinan usaha depok , jasa perijinan usaha depok ,

jasa manajemen bisnis depok , jasa bisnis manajemen depok , jasa konsultan bisnis depok , jasa konsultan manajemen depok , jasa konsultan bisnis manajemen depok , jasa konsultan manajemen bisnis depok ,

jasa akuntansi tangerang , jasa akutansi tangerang , jasa pembukuan tangerang , jasa akuntansi pembukuan tangerang , jasa pembukuan akuntansi tangerang , jasa pembukuan laporan keuangan tangerang , jasa akuntansi laporan keuangan tangerang , jasa laporan keuangan tangerang , jasa pembuatan laporan keuangan tangerang , jasa pembuatan perusahaan tangerang , jasa pendiriaan perusahaan tangerang , jasa pembuatan usaha tangerang , jasa pendirian usaha tangerang , jasa pembuatan pt tangerang , jasa pendirian pt tangerang , jasa pembuatan cv tangerang , jasa pendirian cv tangerang , jasa audit tangerang , jasa audit laporan keuangan tangerang , jasa internal audit tangerang , jasa pengurusan izin usaha tangerang , jasa pengurusan ijin usaha tangerang , jasa perizinan usaha tangerang , jasa perijinan usaha tangerang ,

jasa manajemen bisnis tangerang , jasa bisnis manajemen tangerang , jasa konsultan bisnis tangerang , jasa konsultan manajemen tangerang , jasa konsultan bisnis manajemen tangerang , jasa konsultan manajemen bisnis tangerang ,

jasa akuntansi bekasi , jasa akutansi bekasi , jasa pembukuan bekasi , jasa akuntansi pembukuan bekasi , jasa pembukuan akuntansi bekasi , jasa pembukuan laporan keuangan bekasi , jasa akuntansi laporan keuangan bekasi , jasa laporan keuangan bekasi , jasa pembuatan laporan keuangan bekasi , jasa pembuatan perusahaan bekasi , jasa pendiriaan perusahaan bekasi , jasa pembuatan usaha bekasi , jasa pendirian usaha bekasi , jasa pembuatan pt bekasi , jasa pendirian pt bekasi , jasa pembuatan cv bekasi , jasa pendirian cv bekasi , jasa audit bekasi , jasa audit laporan keuangan bekasi , jasa internal audit bekasi , jasa pengurusan izin usaha bekasi , jasa pengurusan ijin usaha bekasi , jasa perizinan usaha bekasi , jasa perijinan usaha bekasi ,

jasa manajemen bisnis bekasi , jasa bisnis manajemen bekasi , jasa konsultan bisnis bekasi , jasa konsultan manajemen bekasi , jasa konsultan bisnis manajemen bekasi , jasa konsultan manajemen bisnis bekasi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *