Konsultan Pajak Jakarta Jasa – Keberatan Atas PBB

Konsultan Pajak Jakarta Jasa │ Jasa Pembukuan Akuntansi Laporan Keuangan │ Jasa Audit | Konsultan Manajemen Bisnis | Jasa Pembuatan Perusahaan & Izin Usaha

Keberatan yang diajukan oleh WP pada dasarnya mengandung arti bahwa WP membantah atau tidak sependapat dengan isi SPPT/SKP yang diterbitkan oleh KP PBB karena menurut WP tidak atau kurang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. petunjuk teknis tentang tata cara pengajuan dan penyelesaian keberatan PBB ini diatur dalam Keputusan Dirjen Pajak No. KEP-59/PJ.6/2000 jo. SE-l3/PJ .6/2000.

Pengajuan keberatan dapat disebabkan karena alasan :
a. WP merasa SPPT/SKP tidak atau kurang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, mengenai :
–       luas objek bumi dan atau bangunan;
–       klasifikasi/NJOP bumi dan atau bangunan;
–       penetapan/pengenaan pajak terutang.

b. Perbedaan penafsiran undang-undang antara WP dan fiskus, misalnya :
–       penetapan subjek pajak sebagai WP PBB;
–       objek pajak yang seharusnya tidak dikenakan PBB;
–       penerapan NJKP atau Standar Investasi Tanaman;
–       penentuan saat Pajak terutang;
–       tanggal jatuh tempo.

Syarat pengajuan keberatan :

a. Syarat formal :
1)    Keberatan diajukan dalam jangka waktu 3 bulan sejak tanggal diterimanya SPPT/SKP oleh WP;

2)    Dalam hal keadaan terpaksa (force majeure) WP harus dapat memberikan dan membuktikan alasan bahwa jangka waktu tersebut tidak dapat dipenuhi;

3)    Pengajuan keberatan harus dibuat secara tertulis dalam Bahasa Indonesia;

4)    Keberatan diajukan kepada Kepala KP PBB/KPP Pratama yang menerbitkan SPPT/SKP;

5)    Dalam hal dikuasakan kepada pihak lain, harus melampirkan surat kuasa.

b. Syarat material :
1)     Diajukan masing-masing dalam satu Surat Keberatan, kecuali yang diajukan secara kolektif melalui Lurah/Kepala Desa untuk setiap SPPT/SKP per tahun pajak;

2)    Mengemukakan alasan yang jelas dan mencantumkan besarnya PBB menurut perhitungan WP.

Dalam pengajuan keberatan, WP harus melampirkan SPPT/SKP tahun pajak yang bersangkutan dan dapat melampirkan bukti pendukung yang terkait dengan alasan pengajuan keberatannya. Bukti pendukung tersebut antara lain :

a. fotokopi KTP, Kartu Keluarga, atau identitas WP lainnya;
b. fotokopi bukti kepemilikan hak atas tanah/sertiflkat;
c. fotokopi bukti surat ukur/gambar situasi;
d. fotokopi Akta Jual Beli/Segel;
e. fotokopi Surat Penunjukan Kaveling;
f. fotokopi Surat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB);
g. fotokopi Ijin Penggunaan Bangunan;
h. Surat Keterangan Lurah/Kepala Desa;
i. fotokopi bukti pelunasan PBB tahun sebelumnya;
j. fotokopi bukti resmi lainnya.

Keberatan terhadap SPPT/SKP dengan ketetapan sampai dengan Rp 100.000,- dapat diajukan secara perorangan ataupun kolektif melalui Lurah/Kepala Desa yang bersangkutan. Sedangkan untuk jumlah ketetapan di atas Rp 100.000,- harus diajukan oleh WP secara perorangan.

Dalam hal surat keberatan diterima langsung dari WP, KP PBB harus memberikan tanda terima surat. Tanda terima surat/tanda pengiriman surat melalui pos tercatat/sejenisnya merupakan tanda bukti penerimaan surat keberatan untuk kepentingan WP.

Keberatan yang tidak memenuhi ketentuan tidak dianggap sebagai surat keberatan, tetapi bila masih dalam jangka waktu 3 bulan, KP PBB dapat meminta WP untuk melengkapi persyaratannya dalam batas waktu tertentu. Apabila batas waktu melengkapi persyaratan tersebut tidak dapat dipenuhi oleh WP, KP PBB akan tetap melanjutkan proses penyelesaian keberatan. Dalam hal diminta oleh WP untuk keperluan mengajukan keberatan, Kepala KP PBB/ KPP Pratama wajib memberikan penjelasan secara tertulis hal-hal yang menjadi dasar pengenaan PBB.

Keputusan keberatan dapat berupa :

a. menolak, apabila permohonan keberatan WP memenuhi persyaratan formal atau formal dan material, dan telah dilakukan pemeriksaan sehingga alasan yang diajukan oleh WP tidak tepat atau tidak benar;

b. menerima seluruhnya, apabila alasan WP sesuai dengan data/keterangan yang diperoleh dari hasil pemeriksaan dan diterima seluruhnya berdasarkan perhitungan WP atau atas perintah undang-undang;

c. menerima sebagian, apabila sebagian alasan WP sesuai dengan data/keterangan yang diperoleh dari hasil pemeriksaan;

d. tidak dapat menerima, apabila permohonan keberatan WP tidak memenuhi persyaratan jangka waktu 3 bulan;

e. menambah besarnya jumlah pajak yang terutang, apabila berdasarkan hasil pemeriksaan diperoleh perhitungan yang menambah besarnya jumlah pajak yang terutang.

Kepala Kanwil/ Kepala KP PBB/ KPP Pratama harus memberikan keputusan dalam jangka waktu 12 bulan sejak tanggal diterimanya surat keberatan. Jika jangka waktu tersebut terlampau, maka keberatan Wp dianggap dikabulkan dan Kepala Kanwil/ Kepala KP PBB/ KPP Pratama harus menerbitkan surat keputusan yang isinya menerima seluruh keberatan yang diajukan oleh WP.

Dalam hal WP mengajukan keberatan dan sekaligus mengajukan pengurangan, baik dalam satu surat permohonan maupun secara terpisah, maka permohonan keberatannya harus diselesaikan terlebih dahulu.

Apabila diminta oleh WP untuk keperluan pengajuan keberatan, Kepala KP PBB/ KPP Pratama wajib memberikan penjelasan secara tertulis mengenai hal-hal yang menjadi dasar pengenaan PBB.  Atas keputusan Penyelesaian Keberatan yang telah diterbitkan, dapat dilakukan pembetulan apabila ditemukan adanya kekeliruan. Dalam rangka mempercepat penyelesaian keberatan, sepanjang rentang waktu masih tersedia, maka pembetulan Keputusan tersebut diupayakan selesai dalam jangka waKtu 6 bulan sejak diterimanya pengajuan keberatan WP.

Keberatan Atas BPHTB

WP dapat mengajukan keberatan hanya kepada Dirjen Pajak atas suatu :

  • SKBKB
  • SKBKBT;
  • SKBLB;
  • SKBN.Syarat Pengajuan Keberatan :1)  Keberatan diajukan secara tertulis dalam Bahasa Indonesia;
    2)  Mengemukakan jumlah pajak yang terutang menurut perhitungan WP dengan disertai alasan-alasan yang jelas;
    3)  Keberatan harus diajukan dalam jangka waktu paling  lama 3 bulan sejak tanggal diterimanya SKBKB/SKBKBT/SKBLB/SKBN oleh WP, kecuali apabila WP dapat menunjukkan bahwa jangka waKtu itu tidak dapat dipenuhi karena keadaan di luar kekuasaannya (force majeure).

Keberatan yang tidak memenuhi persyaratan tidak dianggap sebagai Surat Keberatan sehingga tidak dipertimbangkan. Pengajuan keberatan tidak menunda kewajiban membayar pajak dan pelaksanaan penagihan pajak.

Tanda penerimaan surat keberatan yang diberikan oleh pejabat Dirjen Pajak yang ditunjuk untuk itu atau tanda pengiriman surat keberatan melalui pos tercatat menjadi tanda bukti penerimaan surat keberatan bagi kepentingan WP. Apabila diminta oleh WP untuk keperluan pengajuan keberatan, pihak Dirjen Pajak wajib memberikan keterangan secara tertulis hal-hal yang menjadi dasar pengenaan pajak.

Kepala KP PBB/ KPP Pratama harus memberi keputusan atas keberatan yang diajukan dalam jangka waKtu paling lama 12 bulan sejak tanggal surat keberatan WP diterima. Sebelum surat keputusan diterbitkan, WP dapat menyampaikan alasan tambahan atau penjelasan tertulis.

Keputusan Dirjen Pajak atas keberatan dapat berupa : mengabulkan seluruhnya atau sebagian, menolak, atau menambah besarnya jumlah pajak yang terutang. Apabila jangka waktu 12 bulan telah lewat dan Dirjen Pajak tidak memberi suatu keputusan, keberatan yang diajukan tersebut dianggap dikabulkan.

Copyright © Mitra Konsultindo – Konsultan Pajak ®

 

konsultan pajak , jasa konsultan pajak , konsultan pajak jakarta , konsultan pajak indonesia , konsultan pajak jabodetabek , konsultan pajak jakarta barat , konsultan pajak jakarta timur , konsultan pajak jakarta selatan , konsultan pajak jakarta utara , konsultan pajak jakarta pusat , konsultan pajak bogor , konsultan pajak depok , konsultan pajak tangerang , konsultan pajak bekasi , kantor konsultan pajak , konsultan pajak murah , jasa konsultasi pajak , tarif konsultan pajak , jasa laporan keuangan , pembuatan laporan keuangan , jasa manajemen bisnis , konsultan bisnis , jasa konsultan pajak jakarta , jasa konsultasi pajak , jasa laporan pajak , jasa laporan spt pajak , jasa laporan spt tahunan , jasa laporan spt masa bulanan , jasa laporan spt pajak orang pribadi , jasa laporan spt pajak badan usaha , jasa laporan spt pajak perusahaan , jasa laporan keuangan , jasa pembuatan laporan keuangan , jasa akuntansi , jasa pembukuan , jasa pembuatan laporan pajak , jasa pembuatan laporan spt pajak , jasa pembuatan laporan spt tahunan , jasa pembuatan spt pajak , jasa pembuatan spt tahunan , jasa pembuatan spt masa bulanan , jasa pembuatan spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan spt tahunan perusahaan , konsultan pajak 2014 , jasa konsultan pajak 2014 , konsultan pajak 2015 , jasa konsultan pajak 2015 , jasa laporan spt tahunan orang pribadi , jasa laporan spt tahunan badan usaha , jasa laporan spt tahunan perusahaan , jasa pembuatan spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan spt tahunan perusahaan , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan perusahaan ,

jasa akuntansi , jasa akutansi , jasa pembukuan , jasa akuntansi pembukuan , jasa pembukuan akuntansi , jasa pembukuan laporan keuangan , jasa akuntansi laporan keuangan , jasa laporan keuangan , jasa pembuatan laporan keuangan , jasa pembuatan perusahaan , jasa pendiriaan perusahaan , jasa pembuatan usaha , jasa pendirian usaha , jasa pembuatan pt , jasa pendirian pt , jasa pembuatan cv , jasa pendirian cv , jasa audit , jasa audit laporan keuangan , jasa internal audit , jasa pengurusan izin usaha , jasa pengurusan ijin usaha , jasa perizinan usaha , jasa perijinan usaha ,

jasa akuntansi jakarta , jasa akutansi jakarta , jasa pembukuan jakarta , jasa akuntansi pembukuan jakarta , jasa pembukuan akuntansi jakarta , jasa pembukuan laporan keuangan jakarta , jasa akuntansi laporan keuangan jakarta , jasa laporan keuangan jakarta , jasa pembuatan laporan keuangan jakarta , jasa pembuatan perusahaan jakarta , jasa pendiriaan perusahaan jakarta , jasa pembuatan usaha jakarta , jasa pendirian usaha jakarta , jasa pembuatan pt jakarta , jasa pendirian pt jakarta , jasa pembuatan cv jakarta , jasa pendirian cv jakarta , jasa audit jakarta , jasa audit laporan keuangan jakarta , jasa internal audit jakarta , jasa pengurusan izin usaha jakarta , jasa pengurusan ijin usaha jakarta , jasa perizinan usaha jakarta , jasa perijinan usaha jakarta ,

jasa manajemen bisnis , jasa bisnis manajemen , jasa konsultan bisnis , jasa konsultan manajemen , jasa konsultan bisnis manajemen , jasa konsultan manajemen bisnis , jasa manajemen bisnis jakarta , jasa bisnis manajemen jakarta , jasa konsultan bisnis jakarta , jasa konsultan manajemen jakarta , jasa konsultan bisnis manajemen jakarta , jasa konsultan manajemen bisnis jakarta

===

jasa akuntansi bogor , jasa akutansi bogor , jasa pembukuan bogor , jasa akuntansi pembukuan bogor , jasa pembukuan akuntansi bogor , jasa pembukuan laporan keuangan bogor , jasa akuntansi laporan keuangan bogor , jasa laporan keuangan bogor , jasa pembuatan laporan keuangan bogor , jasa pembuatan perusahaan bogor , jasa pendiriaan perusahaan bogor , jasa pembuatan usaha bogor , jasa pendirian usaha bogor , jasa pembuatan pt bogor , jasa pendirian pt bogor , jasa pembuatan cv bogor , jasa pendirian cv bogor , jasa audit bogor , jasa audit laporan keuangan bogor , jasa internal audit bogor , jasa pengurusan izin usaha bogor , jasa pengurusan ijin usaha bogor , jasa perizinan usaha bogor , jasa perijinan usaha bogor ,

jasa manajemen bisnis bogor , jasa bisnis manajemen bogor , jasa konsultan bisnis bogor , jasa konsultan manajemen bogor , jasa konsultan bisnis manajemen bogor , jasa konsultan manajemen bisnis bogor ,

jasa akuntansi depok , jasa akutansi depok , jasa pembukuan depok , jasa akuntansi pembukuan depok , jasa pembukuan akuntansi depok , jasa pembukuan laporan keuangan depok , jasa akuntansi laporan keuangan depok , jasa laporan keuangan depok , jasa pembuatan laporan keuangan depok , jasa pembuatan perusahaan depok , jasa pendiriaan perusahaan depok , jasa pembuatan usaha depok , jasa pendirian usaha depok , jasa pembuatan pt depok , jasa pendirian pt depok , jasa pembuatan cv depok , jasa pendirian cv depok , jasa audit depok , jasa audit laporan keuangan depok , jasa internal audit depok , jasa pengurusan izin usaha depok , jasa pengurusan ijin usaha depok , jasa perizinan usaha depok , jasa perijinan usaha depok ,

jasa manajemen bisnis depok , jasa bisnis manajemen depok , jasa konsultan bisnis depok , jasa konsultan manajemen depok , jasa konsultan bisnis manajemen depok , jasa konsultan manajemen bisnis depok ,

jasa akuntansi tangerang , jasa akutansi tangerang , jasa pembukuan tangerang , jasa akuntansi pembukuan tangerang , jasa pembukuan akuntansi tangerang , jasa pembukuan laporan keuangan tangerang , jasa akuntansi laporan keuangan tangerang , jasa laporan keuangan tangerang , jasa pembuatan laporan keuangan tangerang , jasa pembuatan perusahaan tangerang , jasa pendiriaan perusahaan tangerang , jasa pembuatan usaha tangerang , jasa pendirian usaha tangerang , jasa pembuatan pt tangerang , jasa pendirian pt tangerang , jasa pembuatan cv tangerang , jasa pendirian cv tangerang , jasa audit tangerang , jasa audit laporan keuangan tangerang , jasa internal audit tangerang , jasa pengurusan izin usaha tangerang , jasa pengurusan ijin usaha tangerang , jasa perizinan usaha tangerang , jasa perijinan usaha tangerang ,

jasa manajemen bisnis tangerang , jasa bisnis manajemen tangerang , jasa konsultan bisnis tangerang , jasa konsultan manajemen tangerang , jasa konsultan bisnis manajemen tangerang , jasa konsultan manajemen bisnis tangerang ,

jasa akuntansi bekasi , jasa akutansi bekasi , jasa pembukuan bekasi , jasa akuntansi pembukuan bekasi , jasa pembukuan akuntansi bekasi , jasa pembukuan laporan keuangan bekasi , jasa akuntansi laporan keuangan bekasi , jasa laporan keuangan bekasi , jasa pembuatan laporan keuangan bekasi , jasa pembuatan perusahaan bekasi , jasa pendiriaan perusahaan bekasi , jasa pembuatan usaha bekasi , jasa pendirian usaha bekasi , jasa pembuatan pt bekasi , jasa pendirian pt bekasi , jasa pembuatan cv bekasi , jasa pendirian cv bekasi , jasa audit bekasi , jasa audit laporan keuangan bekasi , jasa internal audit bekasi , jasa pengurusan izin usaha bekasi , jasa pengurusan ijin usaha bekasi , jasa perizinan usaha bekasi , jasa perijinan usaha bekasi ,

jasa manajemen bisnis bekasi , jasa bisnis manajemen bekasi , jasa konsultan bisnis bekasi , jasa konsultan manajemen bekasi , jasa konsultan bisnis manajemen bekasi , jasa konsultan manajemen bisnis bekasi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *