Konsultan Pajak Jakarta Jasa – SPT Tahunan PPh Badan

Konsultan Pajak Jakarta Jasa │ Jasa Pembukuan Akuntansi Laporan Keuangan │ Jasa Audit | Konsultan Manajemen Bisnis | Jasa Pembuatan Perusahaan & Izin Usaha

JENIS FORMULIR SPT TAHUNAN PPh BADAN

Formulir SPT Tahunan PPh Badan ada dua jenis; yaitu SPT dengan kode 1771 dan SPT berkode 1771/$. SPT 1771 diperuntukkan untuk WP Badan pada umumnya yang meliputi WP Badan yang berbentuk hukum : PT, CV, perseroan lainnya, BUMN/D, koperasi, yayasan dan lain-lain. Selain itu masih terdapat golongan WP tertentu yang juga diwajibkan mengisi dan menyampaikan SPT 1771, yaitu :

  • WP Orang Pribadi Luar Negeri yang berstatus sebagai BUT;
  • WP Badan yang semata-mata hanya memperoleh atau menerima penghasilan yang telah dikenakan PPh Final;
  • WP Kontrak Investasi Kolektif (KIK).

Mulai tahun pajak 2000 diperkenalkan bentuk baru SPT Tahunan PPh Badan dengan kode formulir 1771/$. Jenis SPT Tahunan ini diperuntukkan bagi WP Badan yang telah diijinkan menyelenggarakan pembukuan dalam Bahasa Inggris dan mata uang Dollar Amerika serikat (ingat kembali materi KUP bab 4 tentang pembukuan dan pencatatan). Pada dasarnya elemen-elemen pada SPT 1771/$ sama dengan SPT 1771, kecuali adanya penambahan kolom mata uang US$.

PETUNJUK PENGISIAN SPT TAHUNAN PPh BADAN

SPT Tahunan PPh Badan (baik 1771 maupun 1771/$) terdiri dari dua bagian utama, yaitu Induk SPT (dua halaman) dan Lampiran-lampirannya (lima macam lampiran). Adapun tata cara pengisian dimulai dari mengisi lampirannya terlebih dahulu baru kemudian Induk SPT nya. Kode dan nama formulir SPT dapat diikhtisarkan dalam tabel berikut.

No.

Kode Formulir

Nama Formulir

Keterangan

1771

1771/$

1. 1771 1771/$ SPT Tahunan PPh WP Badan Induk SPT
2. 1771-I 1771-I/$ Penghitungan Penghasilan Neto Fiskal Lampiran I
3. 1771-II 1771-II/$ Perincian Harga Pokok Penjualan, Biaya Usaha Lainnya Dan Biaya Dari Luar Usaha Lampiran II
4. 1771-III 1771-III/$ Kredit Pajak Dalam Negeri Lampiran III
5. 1771-IV 1771-IV/$ –   PPh Final-   Penghasilan Yang Tidak Termasuk Objek Pajak Lampiran IV
6. 1771-V 1771-V/$ –   Daftar Pemegang Saham / Pemilik Modal Dan Jumlah Dividen Yang Lampiran V
Dibagikan-   Daftar Susunan Pengurus Dan Komisaris
7. 1771-VI 1771-VI/$ –   Daftar Penyertaan Modal Pada Perusahaan Afiliasi-   Daftar Pinjaman Dari / Kepada Pemegang Saham Dan Atau Perusahaan Afiliasi Lampiran VI


Formulir 1771-I atau 1771-I/$ (Lampiran I)

Formulir ini berisi penghitungan penghasilan neto fiskal. Secara garis besar, formulir ini terdiri dari :

1)  Penghasilan Neto Komersial;
Bagian ini diisi dengan laba komersial sesuai dengan laporan laba-rugi komersial. Unsur-unsurnya rneliputi peredaran usaha (penjualan), harga pokok penjualan, biaya usaha, serta penghasilan dan biaya di luar usaha.

2) Penghasilan yang dikenakan PPh Final dan yang tidak termasuk objek pajak;
Bagian ini diisi dengan total penghasilan yang sudah dikenakan PPh Final dan yang bukan objek pajak dari Formulir 1771-IV atau 1771-IV/$. Penghasilan yang dikenakan PPh Final dan yang tidak termasuk objek pajak merupakan unsur pengurang dalam penghitungan penghasilan neto fiskal.

3) Penyesuaian fiskal positif;
Koreksi positif ini sudah dikelompokkan dalam beberapa kategori sesuai Pasal 9 ayat (1) UU PPh. Koreksi-koreksi yang tidak tertampung dalam salah satu kategori dapat dimasukkan ke dalam penyesuaian fiskal positif lainnya.

4) Penyesuaian fiskal negatif;
Koreksi yang diisikan di sini adalah koreksi negatif selain koreksi atas penghasilan yang telah dikenakan PPh Final dan penghasilan yang bukan objek pajak.

5)  Fasilitas penanaman modal berupa pengurangan penghasilan neto;
Bagian ini diisi dengan fasilitas pengurangan penghasilan neto dari Lampiran Daftar Fasilitas penanaman Modal yang diberikan oleh Pemerintah sesuai dengan PP No. 147/2000 dan PP No. 148/2000. misalnya fasilitas pengurangan penghasilan neto sampai dengan 30% dari jumlah penanaman modal yang dilakukan (investment allowance).

Formulir 1771-II atau 1771-II/$ (Lampiran II)

Formulir ini berisi perincian harga pokok penjualan, biaya usaha lainnya dan biaya dari luar usaha, yaitu bahan baku, bahan penolong, gaji, upah, bonus, gratifikasi, honorarium, THR, dan sebagainya, bunga pinjaman, royalti, sewa, imbalan sehubungan dengan jasa, penyusutan dan amortisasi, cadangan piutang tak tertagih, air, listrik dan telepon. Jumlah yang dimasukkan di sini adalah jumlah sesuai pembukuan komersial. Sebagian dari biaya-biaya ini akan dikoreksi secara fiskal. Oleh karena itu, aturan yang terkait adalah sama dengan aturan yang disebutkan dalam uraian Lampiran I.

Formulir 1771-lll atau 1771-III/$ (Lampiran III)

Formulir ini diisi dengan kredit pajak dalam negeri yang terdiri dari rincian bukti pungut/potong PPh Pasal 22 serta PPh Pasal 23 yang dipungut/dipotong oleh pihak lain yang tidak bersifat final. Apabila jumlah bukti-bukti pemotongan/pemungutan PPh harus dimasukkan yang cukup banyak, dapat dibuat beberapa lembar atau menggunakan lampiran tersendiri.

Formulir 1771-IV atau 1771-IV/$ (Lampiran IV)

Formulir ini berisi daftar penghasilan yang dikenakan PPh yang bersifat final, baik yang dipotong oleh pihak lain maupun disetor WP sendiri, dan penghasilan yang tidak termasuk objek pajak. Jumlah yang diisikan dalam formulir ini adalah jumlah bruto atau nilai transaksinya. Namun, khusus untuk penghasilan yang sudah dikenakan PPh Final, hanya dilaporkan atas jumlah pajak yang telah dipotong atau disetor sendiri oleh WP. Agar PPh Final yang dipotong pihak lain dapat dipertanggungjawabkan, WP diwajibkan untuk menyimpan dan mengadministrasikan bukti potong tersebut selama 10 tahun.

Formulir 1771-V atau 1771-V/$ (Lampiran V)

Formulir ini terdiri dari dua bagian, yaitu A, yang merupakan Daftar pemegang Saham/Pemilik Modal, dan bagian B berupa Daftar Susunan Pengurus dan Komisaris. Khusus WP Badan yang tidak dimiliki atas dasar penyertaan modal (misalnya KIK Reksadana) diisi dengan “Tidak Ada”. Bagi WP masuk bursa (go public), pemegang saham publik tidak pertu dirinci per nama, tetapi dinyatakan secara kumulatif, kecuali apabila kepemilikan sahamnya mencapai 50% atau lebih dari jumlah modal disetor.

Daftar susunan Pengurus dan Komisaris diisi secara lengkap, tetapi tidak termasuk tingkat manajer ke bawah. Misalnya untuk PT hanya sampai tingkat direktur, untuk koperasi hanya sampai tingkatan anggota badan pengurus.

Formulir 1771-VI atau 1771-VI/$ (Lampiran VI)

Formulir ini berisi Daftar Penyertaan Modal Pada Perusahaan Afiliasi dan Daftar pinjaman Dari / Kepada Pemegang Saham Dan Atau Perusahaan Afiliasi. Kedua daftar tersebut harus diisi dengan angka saldo akhir tahun berdasarkan laporan keuangan komersial yang dilampirkan di SPT Tahunan. Penyertaan modal dan pinjaman yang dari/ke pihak yang memenuhi kriteria hubungan istimewa baik langsung maupun tidak langsung.

Bagi WP yang tidak mempunyai penyertaan modal atau penyertaan modalnya tidak memenuhi kriteria hubungan istimewa, serta WP yang tidak mempunyai pinjaman dari/kepada pihak-pihak yang mempunyai hubungan istimewa, cukup mengisi daftar dengan pernyataan “Tidak Ada”.

Formulir 1771 atau 1771/$ (Induk SPT)

Formulir ini sebaiknya diisi paling akhir setelah semua lampiran SPT Tahunan terisi lengkap. Secara umum, tata cara pengisian Induk SPT dapat dijelaskan sebagai berikut :

a.  Data umum WP Badan diisi sesuai dengan data yang dimiliki perusahaan sesuai dengan kartu NPWP. Khusus untuk BUT dicantumkan pula negara domisili kantor pusatnya.

b.  Pembukuan/Laporan Keuangan dipilih “Diaudit” atau “Tidak Diaudit” dengan memberikan tanda silang (X). Khusus untuk opini akuntan diisi dengan angka 1 untuk Wajar Tanpa Pengecualian, 2 untuk Wajar Dengan Pengecualian, 3 untuk Tidak Wajar, atau 4 untuk Tidak Ada Opini.

c.  Nama dan NPWP Kantor Akuntan Publik dan Kantor Konsultan Pajak diisi apabila WP memanfaatkan jasa-jasa tersebut.

d.  Penghasilan Kena Pajak, PPh Terutang, Kredit Pajak dan PPh Kurang/Lebih Bayar diisi dengan memindahkan angka-angka yang sesuai dengan lampiran-lampirannya (Lampiran I s.d. VI). Hal-hal lain yang bersifat khusus adalah :

–    Huruf A2 diisi jika terdapat kompensasi kerugian dan harus dibuatkan penghitungan lampiran khusus penghitungan kompensasi kerugian fiskal;

–    Huruf B5 diisi jika terdapat pengurangan atau pengembalian pajak atas penghasilan yang terutang di luar negeri (PPh Pasal 24) yang ssbelumnya telah dikreditkan pada tahun pajak sebelumnya;

–    Huruf C7 diisi jika perusahaan memperoleh fasilitas PPh ditanggung Pemerintah atas penghasilan dari proyek Pemerintah yang dibiayai dengan hibah dan atau pinjaman luar negeri yang dikenakan pajak yang bersifat tidak final;

–    Huruf C10 diisi dengan kredit pajak yang dibayar sendiri pleh WP yang terdiri dari PPh Pasal 25, Fiskal Luar Negeri, dan PPh atas pengalihan hak atas tanah dan atau bangunan.

  1. Permohonan diisi dengan tanda silang (X) pada salah satu kotak yang sesuai dengan permohonan yang dimaksud.
  2. Penghitungan angsuran PPh Pasal 25 diisi berdasarkan data yang ada sesuai dengan ketentuan Pasal 25 UU PPh.

g. Penghasilan yang dikenakan PPh Final dan yang bukan objek pajak diisi dari Lampiran IV.

h. Lampiran diberi tanda silang (X) sesuai dengan lampiran-lampiran khusus yang sesuai. Format lampiran khusus tersebut dapat dilihat dalam Buku Petunjuk Pengisian SPT Tahunan PPh Badan, yang meliputi :

–     Surat Setoran Pajak (SSP) lembar ke-3 PPh Pasal 29;
Wajib dilampirkan oleh semua WP, kecuali apabila tidak ada setoran akhir tahun (NIHIL/LB). Bila WP melakukan pembayaran dengan media e-payment melalui kantor penerima pembayaran yang ditunjuk, lampirkan bukti pembayaran pajak yang sah sebagai pengganti SSP lembar ke-3.

–    Laporan Keuangan (lengkap);
Wajib dilampirkan oleh semua WP tanpa kecuali. Dalam hal pembukuan/laporan keuangan diaudit oleh Akuntan Publik, lampirkan laporan keuangan yang telah diaudit.

–    Daftar Penyusutan dan Amortisasi Fiskal;
Wajib dilampirkan oleh semua WP sesuai dengan bentuk formulir terlampir, kecuali apabila WP tidak memiliki dan mempergunakan harta berwujud dan atau tidak berwujud/pengeluaran lainnya sebagai aktiva tetap yang pembebanannya harus dilakukan dengan penyusutan/amortisasi.

–     Perhitungan Kompensasi Kerugian Fiskal;
Wajib dilampirkan oleh WP yang mempunyai hak kompensasi kerugian fiskal dari tahun-tahun pajak yang lalu, sesuai bentuk formulir terlampir.

–    Pernyataan Transaksi Dalam Hubungan Istimewa;
Wajib dilampirkan oleh WP yang melakukan transaksi-transaksi tertentu dengan pihak-pihak yang memiliki hubingan istirnewa atau perusahaan afiliasi (intragroup transaction).

–     Daftar Fasilitas Penanaman Modal;
Wajib dilampirkan oleh WP yang memperoleh fasilitas penanaman modal.

–    Daftar Cabang Utama Perusahaan;
Wajib dilampirkan oleh WP yang mempunyai kantor-kantor cabang atau tempat-tempat usaha utama di berbagai lokasi.

–    SSP lembar ke-3 PPh Pasal 26 ayat (4);
Wajib dilampirkan oleh semua WP BUT (selain perusahaan pelayaran/penerbangan asing dan perwakllan dagang asing), kecuali apabila tidak ada pajak terutang. Dalam hal WP melakukan pembayaran dengan media e-payment melalui kantor penerima pembayaran yang.ditunjuk, lampirkan bukti pembayaran pajak yang sah sebagai pengganti SSP lembar ke-3.

–    Penghitungan PPh Pasal 26 ayat (4);
wajib dilampirkan oleh semua WP BUT meskipun pajak tidak terutang.

–    Surat Kuasa Khusus;
Wajib dilampirkan oleh WP yang pengisian SPT Tahunannya dikuasakan kepada

pihak lain yang berkompeten.

  1. pernyataan diisi dengan tempat, tanggal, nama lengkap, NPWP, jabatan/kedudukan, serta tanda tangan orang yang berwenang.

Copyright © Mitra Konsultindo-Konsultan Pajak ®

konsultan pajak , jasa konsultan pajak , konsultan pajak jakarta , konsultan pajak indonesia , konsultan pajak jabodetabek , konsultan pajak jakarta barat , konsultan pajak jakarta timur , konsultan pajak jakarta selatan , konsultan pajak jakarta utara , konsultan pajak jakarta pusat , konsultan pajak bogor , konsultan pajak depok , konsultan pajak tangerang , konsultan pajak bekasi , kantor konsultan pajak , konsultan pajak murah , jasa konsultasi pajak , tarif konsultan pajak , jasa laporan keuangan , pembuatan laporan keuangan , jasa manajemen bisnis , konsultan bisnis , jasa konsultan pajak jakarta , jasa konsultasi pajak , jasa laporan pajak , jasa laporan spt pajak , jasa laporan spt tahunan , jasa laporan spt masa bulanan , jasa laporan spt pajak orang pribadi , jasa laporan spt pajak badan usaha , jasa laporan spt pajak perusahaan , jasa laporan keuangan , jasa pembuatan laporan keuangan , jasa akuntansi , jasa pembukuan , jasa pembuatan laporan pajak , jasa pembuatan laporan spt pajak , jasa pembuatan laporan spt tahunan , jasa pembuatan spt pajak , jasa pembuatan spt tahunan , jasa pembuatan spt masa bulanan , jasa pembuatan spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan spt tahunan perusahaan , konsultan pajak 2014 , jasa konsultan pajak 2014 , konsultan pajak 2015 , jasa konsultan pajak 2015 , jasa laporan spt tahunan orang pribadi , jasa laporan spt tahunan badan usaha , jasa laporan spt tahunan perusahaan , jasa pembuatan spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan spt tahunan perusahaan , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan perusahaan ,

jasa akuntansi , jasa akutansi , jasa pembukuan , jasa akuntansi pembukuan , jasa pembukuan akuntansi , jasa pembukuan laporan keuangan , jasa akuntansi laporan keuangan , jasa laporan keuangan , jasa pembuatan laporan keuangan , jasa pembuatan perusahaan , jasa pendiriaan perusahaan , jasa pembuatan usaha , jasa pendirian usaha , jasa pembuatan pt , jasa pendirian pt , jasa pembuatan cv , jasa pendirian cv , jasa audit , jasa audit laporan keuangan , jasa internal audit , jasa pengurusan izin usaha , jasa pengurusan ijin usaha , jasa perizinan usaha , jasa perijinan usaha ,

jasa akuntansi jakarta , jasa akutansi jakarta , jasa pembukuan jakarta , jasa akuntansi pembukuan jakarta , jasa pembukuan akuntansi jakarta , jasa pembukuan laporan keuangan jakarta , jasa akuntansi laporan keuangan jakarta , jasa laporan keuangan jakarta , jasa pembuatan laporan keuangan jakarta , jasa pembuatan perusahaan jakarta , jasa pendiriaan perusahaan jakarta , jasa pembuatan usaha jakarta , jasa pendirian usaha jakarta , jasa pembuatan pt jakarta , jasa pendirian pt jakarta , jasa pembuatan cv jakarta , jasa pendirian cv jakarta , jasa audit jakarta , jasa audit laporan keuangan jakarta , jasa internal audit jakarta , jasa pengurusan izin usaha jakarta , jasa pengurusan ijin usaha jakarta , jasa perizinan usaha jakarta , jasa perijinan usaha jakarta ,

jasa manajemen bisnis , jasa bisnis manajemen , jasa konsultan bisnis , jasa konsultan manajemen , jasa konsultan bisnis manajemen , jasa konsultan manajemen bisnis , jasa manajemen bisnis jakarta , jasa bisnis manajemen jakarta , jasa konsultan bisnis jakarta , jasa konsultan manajemen jakarta , jasa konsultan bisnis manajemen jakarta , jasa konsultan manajemen bisnis jakarta

===

jasa akuntansi bogor , jasa akutansi bogor , jasa pembukuan bogor , jasa akuntansi pembukuan bogor , jasa pembukuan akuntansi bogor , jasa pembukuan laporan keuangan bogor , jasa akuntansi laporan keuangan bogor , jasa laporan keuangan bogor , jasa pembuatan laporan keuangan bogor , jasa pembuatan perusahaan bogor , jasa pendiriaan perusahaan bogor , jasa pembuatan usaha bogor , jasa pendirian usaha bogor , jasa pembuatan pt bogor , jasa pendirian pt bogor , jasa pembuatan cv bogor , jasa pendirian cv bogor , jasa audit bogor , jasa audit laporan keuangan bogor , jasa internal audit bogor , jasa pengurusan izin usaha bogor , jasa pengurusan ijin usaha bogor , jasa perizinan usaha bogor , jasa perijinan usaha bogor ,

jasa manajemen bisnis bogor , jasa bisnis manajemen bogor , jasa konsultan bisnis bogor , jasa konsultan manajemen bogor , jasa konsultan bisnis manajemen bogor , jasa konsultan manajemen bisnis bogor ,

jasa akuntansi depok , jasa akutansi depok , jasa pembukuan depok , jasa akuntansi pembukuan depok , jasa pembukuan akuntansi depok , jasa pembukuan laporan keuangan depok , jasa akuntansi laporan keuangan depok , jasa laporan keuangan depok , jasa pembuatan laporan keuangan depok , jasa pembuatan perusahaan depok , jasa pendiriaan perusahaan depok , jasa pembuatan usaha depok , jasa pendirian usaha depok , jasa pembuatan pt depok , jasa pendirian pt depok , jasa pembuatan cv depok , jasa pendirian cv depok , jasa audit depok , jasa audit laporan keuangan depok , jasa internal audit depok , jasa pengurusan izin usaha depok , jasa pengurusan ijin usaha depok , jasa perizinan usaha depok , jasa perijinan usaha depok ,

jasa manajemen bisnis depok , jasa bisnis manajemen depok , jasa konsultan bisnis depok , jasa konsultan manajemen depok , jasa konsultan bisnis manajemen depok , jasa konsultan manajemen bisnis depok ,

jasa akuntansi tangerang , jasa akutansi tangerang , jasa pembukuan tangerang , jasa akuntansi pembukuan tangerang , jasa pembukuan akuntansi tangerang , jasa pembukuan laporan keuangan tangerang , jasa akuntansi laporan keuangan tangerang , jasa laporan keuangan tangerang , jasa pembuatan laporan keuangan tangerang , jasa pembuatan perusahaan tangerang , jasa pendiriaan perusahaan tangerang , jasa pembuatan usaha tangerang , jasa pendirian usaha tangerang , jasa pembuatan pt tangerang , jasa pendirian pt tangerang , jasa pembuatan cv tangerang , jasa pendirian cv tangerang , jasa audit tangerang , jasa audit laporan keuangan tangerang , jasa internal audit tangerang , jasa pengurusan izin usaha tangerang , jasa pengurusan ijin usaha tangerang , jasa perizinan usaha tangerang , jasa perijinan usaha tangerang ,

jasa manajemen bisnis tangerang , jasa bisnis manajemen tangerang , jasa konsultan bisnis tangerang , jasa konsultan manajemen tangerang , jasa konsultan bisnis manajemen tangerang , jasa konsultan manajemen bisnis tangerang ,

jasa akuntansi bekasi , jasa akutansi bekasi , jasa pembukuan bekasi , jasa akuntansi pembukuan bekasi , jasa pembukuan akuntansi bekasi , jasa pembukuan laporan keuangan bekasi , jasa akuntansi laporan keuangan bekasi , jasa laporan keuangan bekasi , jasa pembuatan laporan keuangan bekasi , jasa pembuatan perusahaan bekasi , jasa pendiriaan perusahaan bekasi , jasa pembuatan usaha bekasi , jasa pendirian usaha bekasi , jasa pembuatan pt bekasi , jasa pendirian pt bekasi , jasa pembuatan cv bekasi , jasa pendirian cv bekasi , jasa audit bekasi , jasa audit laporan keuangan bekasi , jasa internal audit bekasi , jasa pengurusan izin usaha bekasi , jasa pengurusan ijin usaha bekasi , jasa perizinan usaha bekasi , jasa perijinan usaha bekasi ,

jasa manajemen bisnis bekasi , jasa bisnis manajemen bekasi , jasa konsultan bisnis bekasi , jasa konsultan manajemen bekasi , jasa konsultan bisnis manajemen bekasi , jasa konsultan manajemen bisnis bekasi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *