Konsultan Pajak Jakarta Jasa – Perlakuan PPh atas Yayasan atau Organisasi Sejenis yang Bergerak di Bidang Pendidikan

Konsultan Pajak Jakarta Jasa │ Jasa Pembukuan Akuntansi Laporan Keuangan │ Jasa Audit | Konsultan Manajemen Bisnis | Jasa Pembuatan Perusahaan & Izin Usaha

Bagi Yayasan atau organisasi sejenis yang bergerak di bidang pendidikan, termasuk dalam penghasilan yang diterima atau diperoleh dari usaha, pekerjaan, kegiatan, atau jasa adalah :

  • Uang pendaftaran dan uang pangkal;
  • Uang seleksi penerimaan siswa/mahasiswa/peserta pendidikan;
  • Uang pembangunan gedung/pengadaan prasarana atau pembayaran lainnya dengan nama apapun yang berkaitan dengan keberadaan siswa/mahasiswa/ peserta pendidikan;
  • Uang SPP, uang SKS, uang ujian, uang kursus, uang seminar/lokakarya, dan sebagainya;
  • Penghasilan dari kontrak kerja dalam bidang penelitian dan sebagainya;
  • Penghasilan lainnya yang dikaitkan dengan jasa penyelenggaraan pengajaran/ pendidikan/pelatihan dengan nama dan dalam bentuk apapun.

Secara spesifik biaya-biaya yang diperkenankan untuk dikurangkan dari penghasilan bruto bagi Yayasan atau organislsi sejenis yang bergerak di biding pendidikan antara lain berupa :

  • Gaji/tunjangan/honorarium pimpinan/dosen/pengajar/karyawan;
  • Biaya umum/administrasi/alat tulis menulis kantor;
  • Biaya publikasi/iklan;
  • Biaya kendaraan;
  • Biaya kemahasiswaan;
  • Biaya ujian semester;
  • Biaya sewa gedung dan utilities (listrik, telepon, air);
  • Biaya laboratorium;
  • Biaya penyelenggaraan asrama;
  • Bunga bank dan biaya-biaya bank lainnya;
  • Biaya pemeliharaan kampus;
  • Biaya penyusutan;
  • Kerugian karena penjualan/pengalihan harta;
  • Biaya penelitian dan pengembangan;
  • Biaya bea siswa dan pelatihan dosen/pengajar/karyawan;
  • Biaya pembelian buku perpustakaan dan alat-alat olah raga & peraga;
  • Subsidi/bea siswa bagi siswa yang kurang mampu;
  • Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi yang terkena.

Khusus untuk subsidi atau pembebanan biaya bagi siswa yang kurang mampu, yakni dalam bentuk pemberian pembebasan sebagian atau seluruh biaya pendidikan maka subsidi tersebut dapat dibukukan sebagai berikut :

  1. Sejumlah bagian yang benar-benar di bayar oleh siswa diakui sebagai penghasilan (net-method); atau
  2. Sejumlah yang seharusnya diterima atau diperoleh Yayasan atau organisasi sejenis merupakan penghasilan, dan sejumlah subsidi (selisih antara yang seharusnya diterima dengan yang benar-benar dibayar oleh siswa) merupakan tambahan biaya (gross-method).

Apabila Yayasan atau organisasi sejenis memberikan subsidi sebagian atau seluruh biaya pendidikan kepada siswa yang kurang mampu bersekolah di sekolah yang bernaung di bawah yayasan lain, maka pengeluaran subsidi dimaksud dapat ditambahkan sebagai biaya oleh Yayasan atau organisasi sejenis yang memberikan subsidi tersebut.

Pada umumnya, penghasilan yang merupakan objek PPh yang diterima atau diperoleh Yayasan atau organisasi sejenis yang bergerak di bidang pendidikan dapat dipergunakan untuk keperluan biaya operasional sehari-hari Yayasan atau untuk dana pembangunan gedung dan prasarana pendidikan. Untuk dana pembangunan gedung dan prasarana pendidikan, dana yang akan digunakan berasal dari sisa lebih, yaitu selisih dari seluruh penerimaan yang merupakan obyek PPh (selain yang dikenakan PPh tersendiri) dikurangi dengan pengeluaran untuk biaya operasional sehari-hari. Pembangunan gedung dan prasarana pendidikan adalah pembangunan fisik sarana pendidikan seperti :

–     Pembelian tanah untuk pembangunan prasarana pendidikan;

–     Gedung sarana pendidikan;

–     Asrama mahasiswa;

–     Rumah dinas guru, dosen, atau karyawan;

–     Peralatan laboratorium, perpustakaan termasuk buku-buku;

–     Sarana olah raga; dan

–     Inventaris kantor.

Yayasan dapat mengakui dana pembangunan gedung dan prasarana pendidikan sebagai penghasilan pada tahun pajak digunakannya, dan dana yang telah digunakan tersebut merupakan biaya yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto pada tahun pajak yang bersangkutan. Pelaksanaan dari ketentuan ini dilakukan sebagai berikut :

  1. Sisa lebih Yayasan setiap tahun yang akan digunakan untuk pembangunan gedung dan prasarana pendidikan dialihkan ke rekening dana pembangunan gedung dan prasarana pendidikan;
  2. b.    Pembukuan atas penggunaan dana pembangunan gedung dan prasarana pendidikan pada tahun berjalan dilakukan dengan mendebet rekening aktiva dan rekening dana pembangunan gedung dan prasarana pendidikan serta mengkredit rekening kas atau hutang dan rekening modal Yayasan.

untuk keperluan ini, Yayasan wajib memberitahukan rencana rencana fisik sederhana dan biaya pembangunan gedung dan prasarana pendidikan tersebut kepada KPP setempat dengan tindasan kepada Dirjen Pendidikan tinggi dan/atau Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah atau yang ditunjuk, dengan dilampiri pernyataan yang isinya menyatakan bahwa dana pembangunan gedung dan prasarana pendidikan yang tidak digunakan pada tahun diterimanya tersebut akan digunakan untuk pembangunan gedung dan prasarana pendidikan selambat-lambatnya 4 tuhun setelah berakhirnya tahun pajak yang bersangkutan.

Pernyataan ini penting, sebab terdapat ketentuan apabila setelah lewat jangka waktu 4 tahun Yayasan tidak menggunakan dana pembangunan gedung dan prasarana. Pendidikan dimaksud, maka dana pembangunan gedung dan prasarana pendidikan tersebut diakui sebagai penghasilan dan dikenakan PPh pada tahun pajak berikutnya setelah lewat jangka waktu 4 tahun tersebut ditambah dengan sanksi sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku. Namun, apabila pembangunan gedung dan prasarana pendidikan tersebut dapat dibiayai dengan dana pinjaman, maka bunga atas pinjaman tersebut dapat dibebankan sebagai biaya Yayasan.

Atas pengeluaran untuk pembangunan gedung dan prasarana pendidikan yang berasal dari dana pembangunan gedung dan prasarana pendidikan ini, tidak boleh dilakukan penyusutan berdasarkan pasal 11 UU PPh.

Yayasan atau organisasi sejenis yang membentuk dana pembangunan gedung dan prasarana pendidikan wajib membuat :

a.  Pencatatan tersendiri atas dana pembangunan gedung dan prasarana pendidikan yang diterima dan yang digunakan setiap tahun;

b.  Laporan mengenai penyediaan dan penggunaan dana pembangunan gedung dan prasarana pendidikan dan menyampaikannya ke KPP setempat dalam lampiran surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan PPh Badan.

PERLAKUAN PPh ATAS YAYASAN ATAU ORGANISASI SEJENIS YANG BERGERAK  DI BIDANG PELAYANAN KESEHATAN

Bagi Yayasan atau organisasi sejenis yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan, termasuk penghasilan yang diterima atau diperoleh dari usaha, pekerjaan, kegiatan, atau jasa adalah :

  • Uang pendaftaran untuk pelayanan kesehatan;
  • Sewa kamar/ruangan di rumah sakit, poliklinik, pusat pelayanan kesehatan;
  • Penghasilan dari perawatan kesehatan seperti uang pemeriksaan dokter, operasi, rontgent, scaning, pemeriksaan laboratorium, dan sebagainya;
  • Uang pemeriksaan kesehatan termasuk, ‘general check up’;
  • Penghasilan dari penyewaan alat-alat kesehatan, mobil ambulance, dan sebagainya;
  • Penghasilan dari penjualan obat;
  • Penghasilan lainnya sehubungan dengan penyelenggaraan pelayanan kesehatan dengan nama dan dalam bentuk apapun.

Secara spesifik, pengurangan penghasilan bruto yang diperkenankan bagi yayasan atau organisasi sejenis yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan (atau Yayasan Rumah Sakit) antara lain :

  • Gaji/tunjangan/honorarium perawat/tenaga medis/karyawan;
  • Biaya umum;
  • Obat-obatan;
  • Konsumen Karyawan;
  • Biaya bunga;
  • Pemeliharaan kendaraan, inventaris, gedung;
  • Perlengkapan rumah sakit;
  • Transportasi;
  • Biaya penyusutan;
  • Kerugian karena penjualan/pengalihan harta;
  • Biaya penelitian dan pengembangan;
  • Biaya bea siswa dan pelatihan karyawan;
  • Subsidi/biaya pelayanan kesehatan pasien yang kurang mampu.

Dalam hal pasien yang kurang mampu diberikan subsidi/pembebasan sebagian atau seluruh biaya pelayanan kesehatan, maka subsidi tersebut dibukukan sebagai berikut :

  1. Sejumlah bagian yang benar-benar di bayar oleh pasien merupakan penghasilan (net-method); atau
  2. Sejumlah yang seharusnya diterima atau diperoleh yayasan atau organisasi yang sejenis merupakan penghasilan, dan sejumlah subsidi (selisih antara yang seharusnya diterima dengan yang benar-benar dibayar oleh pasien) merupakan tambahan biaya (gross-method).

Apabila Yayasan atau organisasi sejenis memberikan subsidi sebagian atau seluruh biaya pelayanan kesehatan kepada pasien yang kurang mampu yang dirawat di rumah sakit yang bernaung di bawah yayasan lain, maka pengeluaran subsidi dimaksud dapat ditambahkan sebagai biaya oleh Yayasan atau organisasi sejenis yang memberikan subsidi tersebut.

Copyright © Mitra Konsultindo-Konsultan Pajak ®

konsultan pajak , jasa konsultan pajak , konsultan pajak jakarta , konsultan pajak indonesia , konsultan pajak jabodetabek , konsultan pajak jakarta barat , konsultan pajak jakarta timur , konsultan pajak jakarta selatan , konsultan pajak jakarta utara , konsultan pajak jakarta pusat , konsultan pajak bogor , konsultan pajak depok , konsultan pajak tangerang , konsultan pajak bekasi , kantor konsultan pajak , konsultan pajak murah , jasa konsultasi pajak , tarif konsultan pajak , jasa laporan keuangan , pembuatan laporan keuangan , jasa manajemen bisnis , konsultan bisnis , jasa konsultan pajak jakarta , jasa konsultasi pajak , jasa laporan pajak , jasa laporan spt pajak , jasa laporan spt tahunan , jasa laporan spt masa bulanan , jasa laporan spt pajak orang pribadi , jasa laporan spt pajak badan usaha , jasa laporan spt pajak perusahaan , jasa laporan keuangan , jasa pembuatan laporan keuangan , jasa akuntansi , jasa pembukuan , jasa pembuatan laporan pajak , jasa pembuatan laporan spt pajak , jasa pembuatan laporan spt tahunan , jasa pembuatan spt pajak , jasa pembuatan spt tahunan , jasa pembuatan spt masa bulanan , jasa pembuatan spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan spt tahunan perusahaan , konsultan pajak 2014 , jasa konsultan pajak 2014 , konsultan pajak 2015 , jasa konsultan pajak 2015 , jasa laporan spt tahunan orang pribadi , jasa laporan spt tahunan badan usaha , jasa laporan spt tahunan perusahaan , jasa pembuatan spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan spt tahunan perusahaan , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan perusahaan ,

jasa akuntansi , jasa akutansi , jasa pembukuan , jasa akuntansi pembukuan , jasa pembukuan akuntansi , jasa pembukuan laporan keuangan , jasa akuntansi laporan keuangan , jasa laporan keuangan , jasa pembuatan laporan keuangan , jasa pembuatan perusahaan , jasa pendiriaan perusahaan , jasa pembuatan usaha , jasa pendirian usaha , jasa pembuatan pt , jasa pendirian pt , jasa pembuatan cv , jasa pendirian cv , jasa audit , jasa audit laporan keuangan , jasa internal audit , jasa pengurusan izin usaha , jasa pengurusan ijin usaha , jasa perizinan usaha , jasa perijinan usaha ,

jasa akuntansi jakarta , jasa akutansi jakarta , jasa pembukuan jakarta , jasa akuntansi pembukuan jakarta , jasa pembukuan akuntansi jakarta , jasa pembukuan laporan keuangan jakarta , jasa akuntansi laporan keuangan jakarta , jasa laporan keuangan jakarta , jasa pembuatan laporan keuangan jakarta , jasa pembuatan perusahaan jakarta , jasa pendiriaan perusahaan jakarta , jasa pembuatan usaha jakarta , jasa pendirian usaha jakarta , jasa pembuatan pt jakarta , jasa pendirian pt jakarta , jasa pembuatan cv jakarta , jasa pendirian cv jakarta , jasa audit jakarta , jasa audit laporan keuangan jakarta , jasa internal audit jakarta , jasa pengurusan izin usaha jakarta , jasa pengurusan ijin usaha jakarta , jasa perizinan usaha jakarta , jasa perijinan usaha jakarta ,

jasa manajemen bisnis , jasa bisnis manajemen , jasa konsultan bisnis , jasa konsultan manajemen , jasa konsultan bisnis manajemen , jasa konsultan manajemen bisnis , jasa manajemen bisnis jakarta , jasa bisnis manajemen jakarta , jasa konsultan bisnis jakarta , jasa konsultan manajemen jakarta , jasa konsultan bisnis manajemen jakarta , jasa konsultan manajemen bisnis jakarta

===

jasa akuntansi bogor , jasa akutansi bogor , jasa pembukuan bogor , jasa akuntansi pembukuan bogor , jasa pembukuan akuntansi bogor , jasa pembukuan laporan keuangan bogor , jasa akuntansi laporan keuangan bogor , jasa laporan keuangan bogor , jasa pembuatan laporan keuangan bogor , jasa pembuatan perusahaan bogor , jasa pendiriaan perusahaan bogor , jasa pembuatan usaha bogor , jasa pendirian usaha bogor , jasa pembuatan pt bogor , jasa pendirian pt bogor , jasa pembuatan cv bogor , jasa pendirian cv bogor , jasa audit bogor , jasa audit laporan keuangan bogor , jasa internal audit bogor , jasa pengurusan izin usaha bogor , jasa pengurusan ijin usaha bogor , jasa perizinan usaha bogor , jasa perijinan usaha bogor ,

jasa manajemen bisnis bogor , jasa bisnis manajemen bogor , jasa konsultan bisnis bogor , jasa konsultan manajemen bogor , jasa konsultan bisnis manajemen bogor , jasa konsultan manajemen bisnis bogor ,

jasa akuntansi depok , jasa akutansi depok , jasa pembukuan depok , jasa akuntansi pembukuan depok , jasa pembukuan akuntansi depok , jasa pembukuan laporan keuangan depok , jasa akuntansi laporan keuangan depok , jasa laporan keuangan depok , jasa pembuatan laporan keuangan depok , jasa pembuatan perusahaan depok , jasa pendiriaan perusahaan depok , jasa pembuatan usaha depok , jasa pendirian usaha depok , jasa pembuatan pt depok , jasa pendirian pt depok , jasa pembuatan cv depok , jasa pendirian cv depok , jasa audit depok , jasa audit laporan keuangan depok , jasa internal audit depok , jasa pengurusan izin usaha depok , jasa pengurusan ijin usaha depok , jasa perizinan usaha depok , jasa perijinan usaha depok ,

jasa manajemen bisnis depok , jasa bisnis manajemen depok , jasa konsultan bisnis depok , jasa konsultan manajemen depok , jasa konsultan bisnis manajemen depok , jasa konsultan manajemen bisnis depok ,

jasa akuntansi tangerang , jasa akutansi tangerang , jasa pembukuan tangerang , jasa akuntansi pembukuan tangerang , jasa pembukuan akuntansi tangerang , jasa pembukuan laporan keuangan tangerang , jasa akuntansi laporan keuangan tangerang , jasa laporan keuangan tangerang , jasa pembuatan laporan keuangan tangerang , jasa pembuatan perusahaan tangerang , jasa pendiriaan perusahaan tangerang , jasa pembuatan usaha tangerang , jasa pendirian usaha tangerang , jasa pembuatan pt tangerang , jasa pendirian pt tangerang , jasa pembuatan cv tangerang , jasa pendirian cv tangerang , jasa audit tangerang , jasa audit laporan keuangan tangerang , jasa internal audit tangerang , jasa pengurusan izin usaha tangerang , jasa pengurusan ijin usaha tangerang , jasa perizinan usaha tangerang , jasa perijinan usaha tangerang ,

jasa manajemen bisnis tangerang , jasa bisnis manajemen tangerang , jasa konsultan bisnis tangerang , jasa konsultan manajemen tangerang , jasa konsultan bisnis manajemen tangerang , jasa konsultan manajemen bisnis tangerang ,

jasa akuntansi bekasi , jasa akutansi bekasi , jasa pembukuan bekasi , jasa akuntansi pembukuan bekasi , jasa pembukuan akuntansi bekasi , jasa pembukuan laporan keuangan bekasi , jasa akuntansi laporan keuangan bekasi , jasa laporan keuangan bekasi , jasa pembuatan laporan keuangan bekasi , jasa pembuatan perusahaan bekasi , jasa pendiriaan perusahaan bekasi , jasa pembuatan usaha bekasi , jasa pendirian usaha bekasi , jasa pembuatan pt bekasi , jasa pendirian pt bekasi , jasa pembuatan cv bekasi , jasa pendirian cv bekasi , jasa audit bekasi , jasa audit laporan keuangan bekasi , jasa internal audit bekasi , jasa pengurusan izin usaha bekasi , jasa pengurusan ijin usaha bekasi , jasa perizinan usaha bekasi , jasa perijinan usaha bekasi ,

jasa manajemen bisnis bekasi , jasa bisnis manajemen bekasi , jasa konsultan bisnis bekasi , jasa konsultan manajemen bekasi , jasa konsultan bisnis manajemen bekasi , jasa konsultan manajemen bisnis bekasi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *