Konsultan Pajak Jakarta Jasa – Penentuan Harga Transaksi

Konsultan Pajak Jakarta Jasa │ Jasa Pembukuan Akuntansi Laporan Keuangan │ Jasa Audit | Konsultan Manajemen Bisnis | Jasa Pembuatan Perusahaan & Izin Usaha

Beberapa transaksi akan.mempengaruhi harga perolehan suatu aktiva, di antaranya :

  1. Jual Beli

Suatu transaksi jual-beli mungkin dipengaruhi oleh hubungan istimewa dan mungkin juga tidak. Dalam hal jual-beli dipengaruhi hubungan istimewa, maka penentuan harga bagi penjual dan pembeli adalah :

–    bagi pembeli : harga perolehan harta adalah harga yang seharusnya dibayar;

–    bagi penjual : harga penjualan harta adalah harga yang seharusnya diterima.

Sedangkan bila tidak dipengaruhi hubungan istimewa, maka harga jual-beli :

–    bagi pembeli : harga perolehan harta adalah harga yang sesungguhnya dibayar;

–    bagi penjual : harga penjualan harta adalah harga yang sesungguhnya diterima.

Contoh :

Tuan A adalah pemegang saham utama PT X. Tuan A memasok bahan baku produksi PT X. PT X membeli bahan baku dari Tuan A Rp 1.500.00,00 per unit. Padahal harga bahan baku yang sama di pasar bebas hanya sebesar Rp 1.000.000,00. Karena transaksi tersebut adalah transaksi yang yang dipengaruhi hubungan istimewa maka PT X harus mencatat nilai perolehan bahan baku sebesar Rp 1.000.000,00 bukan Rp 1.500.000,00.

Adanya hubungan istimewa menyebabkan harga perolehan menjadi lebih besar/ lebih kecil dari harga pasar wajar. Oleh karena itu diperlukan koreksi untuk mendekatkan pada nilai rill Dasar.

  1. 2.   Tukar Menukar

Harga yang diperoleh berdasarkan transaksi tukar-menukar dengan harta lain, nilai perolehan atau nilai penjualannya adalah jumlah yang seharusnya dikeluarkan atau diterima berdasarkan harga pasar.

Contoh :

Tuan A ingin mesin yang dimilikinya ditukar dengan mobil yang dimiliki Tuan B. Harga pasar mesin tersebut adalah Rp 5.000.000,00 dengan Nilai Sisa Buku Fiskal (NSBF) sebesar Rp 1.000.000,00. Mobil Tuan B sendiri memiliki harga pasar Rp 6.000.000,00 dengan NSBF sebesar Rp 3.000.000,00. Berapa keuntungan yang didapat dari transaksi tersebut ?

Selisih lebih harga pasar di atas NSBF adalah keuntungan yang dikenakan pajak. Keuntungan Tuan A sebesar selisih harga mobil yang diterima (Rp 6.000.000,00) dengan NSBF mesin yang diserahkan (Rp 1.000.000,00) = Rp 5.000.000,00 dan keuntungan Tuan B adalah sebesar selisih harga mesin yang diterima (Rp 5.000.000,00) dengan NSBF mobil yang diserahkan (Rp 3.000.000,00) = Rp 2.000.000,00.

  1. 3.   Penarikan Harta

Apabila suatu harta dijual maka penerimaan dibukukan sebagai penghasilan pada tahun terjadinya penjualan dan Nilai Sisa Buku Fiskal (NSBF) dari harta tersebut dibebankan sebagai kerugian dala tahun pajak yang bersangkutan. Keuntungan atau kerugian karena pengalihan harta dikenakan pajak dalam tahun dilakukannya pengalihan harta tersebut.

Apabila suatu harta terbakar, maka pergantian asuransinya (bila ada) dibukukan sebagai penghasilan pada tahun diterimanya penggantian asuransi, dan nilai sisa buku dari harta tersebut dibebankan sebagai kerugian dalam tahun pajak yang bersangkutan.

Contoh :

Sebuah mesin semi konduktor miiik PT Elektron terbakar karena terjadi konslet pada tanggal 10 Januari 2001. Mesin tersebut dibeli pada tahun 1998 seharga Rp 1 miliar. Nilai Sisa Buku Fiskal (NSBF) pada saat terjadi kebakaran sebesar Rp 625 juta. Penggantian asuransi yang didapat sebesar Rp 500 juta.

NSBF sebesar Rp 625 juta dibebankan sebagai kerugian tahun 2001 sedangkan penggantian asuransi sebesar Rp 500 juta dicatat sebagai penghasilan. Apabila hasil penggantian asuransi yang akan diterima jumlahnya baru akan diketahui dengan pati dimasa kemudian, maka dengan persetujuan Dirjen Pajak jumlah sebesar kerugian dibukukan sebagai beban masa kemudian tersebut.

  1. 4.   Pengalihan Harta Untuk Setoran Modal

pada prinsipnya pengalihan harta dalam bentuk apapun (jual-beli, setoran modal, tukar menukar, dan lain-lain), penilaian hartanya berdasarkan harga pasar.

Contoh :

Tuan A ingin menambah modalnya di PT X dengan menyerahkan sebuah gudang Nilai sisa buku fiskal gudang sebelum penyerahan adalah Rp 500 juta sedangkan harga pasarnya Rp1 miliar. Maka PT X mencatat setoran modal berupa gudang dari tuan R sebesar Rp 1 miliar sedangkan Tuan A mengakui keuntungan pengalihan harta sebesar harga pasar gudang (Rp 1 miliar) dikurangi NSBF-nya (Rp 500 juta ) = Rp 500 juta.

  1. 5.   Pengalihan Harta Dalam Rangka Likuidasi, Merger, Konsolidasi, Pemekaran Atau Pengambilalihan

pada dasarnya, nilai pengalihan harta dalam rangka merger, likuidasi, konsolidasi ataupun akuisisi, adalah jumlah yang seharusnya dikeluarkan atau diterima berdasarkan harga pasar. Metode yang harus digunakan adalah metode purchase dan perusahaan yang mengalihkan aktiva harus mengakui capital gain/loss. Tetapi berdasarkan KMK No.422/KMK.04/1998 jo. No. 469/KMK.04/1998, bagi WP yang mengalihkan harta dalam rangka penggabungan usaha (merger) atau peleburan usaha (konsolidasi) yang memenuni syarat serta pemekaran usaha (expansion) dalam rangka menjual sahamnya di bursa efek. Jika suatu merger, konsolidasi dan pemekaran memenuhi syarat yang ditentukan maka NSBF dari aktiva tersebut dapat dijadikan sebagai dasar penilaian aktiva. Perusahaan-perusahaan yang dimerger, serta perusahaan  yang menerima harta, Sama-sama mencatat penerimaa harta sebesar nilai buku dan tidak mengakui adannya laba atau rugi atau pengalihan harta (Pooling of Interest).

Contoh :

PT A dan PT B berniat melakukan konsolidasi dengan membentuk perusahaan baru yaitu PT C. PT A dan PT B akan dilikuidasi. Pengalihan aktiva dari PT A dan PT B ke PT C seharusnya dicatat sebesar harga pasar (dengan metode Purchase) dan baik PT A maupun PT B harus mengakui laba rugi pengalihan aktivanya ke PT C. Tetapi berdasarkan ketentuan dalam KMK di atas, konsolidasi tersebut dapat menggunakan nilai buku (dengan metode pooling of interest)

  1. 6.   Hibah, Sumbangan dan Warisan

Pengalihan harta dengan alasan hibah, sumbangan atau warisan yang memenuhi pasal 4 ayat 3 huruf a dan b UU PPh (yang menyerahkan adalah orang pribadi dan yang menerima adalah anggota keluarga sedarah lurus satu derajat atau badan sosial) dicatat sebesar nilai buku yang dihibahkan oleh penerima. Sedangkan penerima hibah atau sumbangan tidak boleh mencatat kerugian atas penyerahan harta tersebut.

Contoh :

Tuan A berniat menghibahkan 2 buah gedung masing-masing kepada PT X dan kepada sebuah badan sosial yang ditetapkan Menteri Keuangan. Atas penyerahan gedung ke badan sosial, Tuan A mencatat hibah tersebut sebesar nilai sisa buku fiskal (NSBF) dan tidak mengakui laba/rugi.

Tetapi atas hibah gedung kepada PT X, Tuan A harus mencatat hibah tersebut sebesar harga pasar dan harus laba/rugi.

  1. 7.   Revaluasi Aktiva Tetap

Revaluasi adalah penilaian kembali harta yang tercatat sebesar Nilai Buku Fiskal menjadi sebesar harga pasar. Nilai harta setelah dilakukan revaluasi adalah nilai yang disetujui oleh Dirjen Pajak. Untuk dapat disetujui oleh Dirjen Pajak, atas selisih antara nilai buku sebelum revaluasi dan nilai buku setelah revaluasi WP dikenakan PPh Final sebesar 10%. Setelah revaluasi disetujui, WP dapat menyusutkan harta dengan dasar penyusutan yang baru (sebesar nilai harta yang disetujui Dirjen Pajak).

Contoh :

NSBF suatu mesin sebelum revaluasi adalah Rp 100 juta. Harga wajar pasar tersebut adalah Rp 500 juta. Dengan persetujuan Dirjen Pajak, NSBF mesin tersebut dapat diubah menjadi sebesar harga pasarnya (Rp 500 juta). Setelah itu WP dapat menyusutkan mesin dengan dasar penyusutan yang baru.

Copyright © Mitra Konsultindo-Konsultan Pajak ®

konsultan pajak , jasa konsultan pajak , konsultan pajak jakarta , konsultan pajak indonesia , konsultan pajak jabodetabek , konsultan pajak jakarta barat , konsultan pajak jakarta timur , konsultan pajak jakarta selatan , konsultan pajak jakarta utara , konsultan pajak jakarta pusat , konsultan pajak bogor , konsultan pajak depok , konsultan pajak tangerang , konsultan pajak bekasi , kantor konsultan pajak , konsultan pajak murah , jasa konsultasi pajak , tarif konsultan pajak , jasa laporan keuangan , pembuatan laporan keuangan , jasa manajemen bisnis , konsultan bisnis , jasa konsultan pajak jakarta , jasa konsultasi pajak , jasa laporan pajak , jasa laporan spt pajak , jasa laporan spt tahunan , jasa laporan spt masa bulanan , jasa laporan spt pajak orang pribadi , jasa laporan spt pajak badan usaha , jasa laporan spt pajak perusahaan , jasa laporan keuangan , jasa pembuatan laporan keuangan , jasa akuntansi , jasa pembukuan , jasa pembuatan laporan pajak , jasa pembuatan laporan spt pajak , jasa pembuatan laporan spt tahunan , jasa pembuatan spt pajak , jasa pembuatan spt tahunan , jasa pembuatan spt masa bulanan , jasa pembuatan spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan spt tahunan perusahaan , konsultan pajak 2014 , jasa konsultan pajak 2014 , konsultan pajak 2015 , jasa konsultan pajak 2015 , jasa laporan spt tahunan orang pribadi , jasa laporan spt tahunan badan usaha , jasa laporan spt tahunan perusahaan , jasa pembuatan spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan spt tahunan perusahaan , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan perusahaan ,

jasa akuntansi , jasa akutansi , jasa pembukuan , jasa akuntansi pembukuan , jasa pembukuan akuntansi , jasa pembukuan laporan keuangan , jasa akuntansi laporan keuangan , jasa laporan keuangan , jasa pembuatan laporan keuangan , jasa pembuatan perusahaan , jasa pendiriaan perusahaan , jasa pembuatan usaha , jasa pendirian usaha , jasa pembuatan pt , jasa pendirian pt , jasa pembuatan cv , jasa pendirian cv , jasa audit , jasa audit laporan keuangan , jasa internal audit , jasa pengurusan izin usaha , jasa pengurusan ijin usaha , jasa perizinan usaha , jasa perijinan usaha ,

jasa akuntansi jakarta , jasa akutansi jakarta , jasa pembukuan jakarta , jasa akuntansi pembukuan jakarta , jasa pembukuan akuntansi jakarta , jasa pembukuan laporan keuangan jakarta , jasa akuntansi laporan keuangan jakarta , jasa laporan keuangan jakarta , jasa pembuatan laporan keuangan jakarta , jasa pembuatan perusahaan jakarta , jasa pendiriaan perusahaan jakarta , jasa pembuatan usaha jakarta , jasa pendirian usaha jakarta , jasa pembuatan pt jakarta , jasa pendirian pt jakarta , jasa pembuatan cv jakarta , jasa pendirian cv jakarta , jasa audit jakarta , jasa audit laporan keuangan jakarta , jasa internal audit jakarta , jasa pengurusan izin usaha jakarta , jasa pengurusan ijin usaha jakarta , jasa perizinan usaha jakarta , jasa perijinan usaha jakarta ,

jasa manajemen bisnis , jasa bisnis manajemen , jasa konsultan bisnis , jasa konsultan manajemen , jasa konsultan bisnis manajemen , jasa konsultan manajemen bisnis , jasa manajemen bisnis jakarta , jasa bisnis manajemen jakarta , jasa konsultan bisnis jakarta , jasa konsultan manajemen jakarta , jasa konsultan bisnis manajemen jakarta , jasa konsultan manajemen bisnis jakarta

===

jasa akuntansi bogor , jasa akutansi bogor , jasa pembukuan bogor , jasa akuntansi pembukuan bogor , jasa pembukuan akuntansi bogor , jasa pembukuan laporan keuangan bogor , jasa akuntansi laporan keuangan bogor , jasa laporan keuangan bogor , jasa pembuatan laporan keuangan bogor , jasa pembuatan perusahaan bogor , jasa pendiriaan perusahaan bogor , jasa pembuatan usaha bogor , jasa pendirian usaha bogor , jasa pembuatan pt bogor , jasa pendirian pt bogor , jasa pembuatan cv bogor , jasa pendirian cv bogor , jasa audit bogor , jasa audit laporan keuangan bogor , jasa internal audit bogor , jasa pengurusan izin usaha bogor , jasa pengurusan ijin usaha bogor , jasa perizinan usaha bogor , jasa perijinan usaha bogor ,

jasa manajemen bisnis bogor , jasa bisnis manajemen bogor , jasa konsultan bisnis bogor , jasa konsultan manajemen bogor , jasa konsultan bisnis manajemen bogor , jasa konsultan manajemen bisnis bogor ,

jasa akuntansi depok , jasa akutansi depok , jasa pembukuan depok , jasa akuntansi pembukuan depok , jasa pembukuan akuntansi depok , jasa pembukuan laporan keuangan depok , jasa akuntansi laporan keuangan depok , jasa laporan keuangan depok , jasa pembuatan laporan keuangan depok , jasa pembuatan perusahaan depok , jasa pendiriaan perusahaan depok , jasa pembuatan usaha depok , jasa pendirian usaha depok , jasa pembuatan pt depok , jasa pendirian pt depok , jasa pembuatan cv depok , jasa pendirian cv depok , jasa audit depok , jasa audit laporan keuangan depok , jasa internal audit depok , jasa pengurusan izin usaha depok , jasa pengurusan ijin usaha depok , jasa perizinan usaha depok , jasa perijinan usaha depok ,

jasa manajemen bisnis depok , jasa bisnis manajemen depok , jasa konsultan bisnis depok , jasa konsultan manajemen depok , jasa konsultan bisnis manajemen depok , jasa konsultan manajemen bisnis depok ,

jasa akuntansi tangerang , jasa akutansi tangerang , jasa pembukuan tangerang , jasa akuntansi pembukuan tangerang , jasa pembukuan akuntansi tangerang , jasa pembukuan laporan keuangan tangerang , jasa akuntansi laporan keuangan tangerang , jasa laporan keuangan tangerang , jasa pembuatan laporan keuangan tangerang , jasa pembuatan perusahaan tangerang , jasa pendiriaan perusahaan tangerang , jasa pembuatan usaha tangerang , jasa pendirian usaha tangerang , jasa pembuatan pt tangerang , jasa pendirian pt tangerang , jasa pembuatan cv tangerang , jasa pendirian cv tangerang , jasa audit tangerang , jasa audit laporan keuangan tangerang , jasa internal audit tangerang , jasa pengurusan izin usaha tangerang , jasa pengurusan ijin usaha tangerang , jasa perizinan usaha tangerang , jasa perijinan usaha tangerang ,

jasa manajemen bisnis tangerang , jasa bisnis manajemen tangerang , jasa konsultan bisnis tangerang , jasa konsultan manajemen tangerang , jasa konsultan bisnis manajemen tangerang , jasa konsultan manajemen bisnis tangerang ,

jasa akuntansi bekasi , jasa akutansi bekasi , jasa pembukuan bekasi , jasa akuntansi pembukuan bekasi , jasa pembukuan akuntansi bekasi , jasa pembukuan laporan keuangan bekasi , jasa akuntansi laporan keuangan bekasi , jasa laporan keuangan bekasi , jasa pembuatan laporan keuangan bekasi , jasa pembuatan perusahaan bekasi , jasa pendiriaan perusahaan bekasi , jasa pembuatan usaha bekasi , jasa pendirian usaha bekasi , jasa pembuatan pt bekasi , jasa pendirian pt bekasi , jasa pembuatan cv bekasi , jasa pendirian cv bekasi , jasa audit bekasi , jasa audit laporan keuangan bekasi , jasa internal audit bekasi , jasa pengurusan izin usaha bekasi , jasa pengurusan ijin usaha bekasi , jasa perizinan usaha bekasi , jasa perijinan usaha bekasi ,

jasa manajemen bisnis bekasi , jasa bisnis manajemen bekasi , jasa konsultan bisnis bekasi , jasa konsultan manajemen bekasi , jasa konsultan bisnis manajemen bekasi , jasa konsultan manajemen bisnis bekasi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *