Konsultan Pajak Jakarta Jasa – Biaya yang Boleh Dikurangin BUT

Konsultan Pajak Jakarta Jasa │ Jasa Pembukuan Akuntansi Laporan Keuangan │ Jasa Audit | Konsultan Manajemen Bisnis | Jasa Pembuatan Perusahaan & Izin Usaha

Dalam menghitung penghasilan neto, suatu BUT boleh mengurangkan biaya yang berkaitan dengan kegiatan usahanya. Secara garis besar, biaya ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu biaya yang berkaitan langsung dengan kegiatan BUT tersebut dan biaya administrasi yang dikeluarkan oleh kantor pusatnya yang dibebankan kepada BUT-nya.

Biaya administrasi yang dikeluarkan oleh kantor pusat untuk keperluan BUT di Indonesia boleh dikurangkan sebagai BUT, hanya apabila memenuhi persyaratan sebagai berikut (lihat Keputusan Dirjen Pajak Nomor Kep. 62/PJ./1995 tanggal 24 Juli 1995):

–     berkaitan dan dalam rangka menunjang usaha dan kegiatan BUT untuk mendapatkan, menagih, dan memelihara penghasilan;

–     setinggi-tingginya sebanding dengan besarnya peredaran usaha atau kegiatan BUT yang bersangkutan terhadap seluruh peredaran usaha atau kegiatan perusahaan di seluruh dunia;

–     BUT wajib menyampaikan laporan keuangan konsolidasi atau kombinasi dari kantor pusat yang meliputi seluruh usaha atau kegiatan perusahaan di seluruh dunia untuk tahun pajak yang berkenaan sebagai lampiran SPT Tahunan Pajak Penghasilan; dan

–     Laporan keuangan konsolidasi tersebut telah diaudit oleh akuntan publik dan mengungkapkan rincian peredaran usaha atau kegiatan perusahaan, serta jenis dan besamya biaya administrasi yang dibebankan kepada masing-masing BUT atau cabangnya.

Seperti telah disebutkan diatas, walaupun BUT merupakan Wajib pajak luar negeri, tapi perlakuan perpajakannya disamakan Wajib Pajak dalam negeri. oleh karena itu, biaya-biaya yang boleh dikurangkan bagi WP badan dalam negeri, juga boleh dikurangkan dari penghasilan bruto BUT, diantaranya :

  1. biaya untuk mendapatkan, menagih, dan memelihara penghasilan BUT yang berasal dari Indonesia;
  2. penyusutan atas pengeluaran untuk harta berwujud dan amortisasi atas pengeluaran untuk hak dan atas biaya lain yang mempunyai masa manfaat lebih dari 1 (satu) tahun;
  3. iuran kepada dana pensiun yang pendiriannya telah disahkan oleh menteri keuangan;
  4. kerugian karena penjualan atau pengalihan harta yang dimiliki dan digunakan dalam perusahaan, atau yang dimiliki untuk mendapatkan, menagih, dan memelihara penghasilan;
  5. kerugian karena selisih kurs mata uang asing;
  6. biaya penelitian dan pengembangan perusahaan yang dilakukan di Indonesia;
  7. biaya bea siswa, magang, dan pelatihan;
  8. piutang yang nyata-nyata tidak dapat ditagih sesuai dengan persyaratan dalam pasal 6 ayat (1) huruf h UU PPh.

BIAYA YANG TIDAK BOLEH DIKURANGKAN BUT

Biaya-biaya yang tidak boleh dikurangkan dari penghasilan bruto BUT adalah :

a. pembagian laba dengan nama dan dalam bentuk apapun;

b. biaya yang dibebankan/dikeluarkan untuk kepentingan pribadi pemegang saham, sekutu, atau anggota;

c.  pembentukan/pemupukan dana cadangan, kecuali yang memenuhi persyaratan tertentu;

d. jumlah yang melebihi kewajaran yang dibayarkan kepada pemegang saham atau kepada pihak yang mempunyai hubungan istimewa, sebagai imbalan pekerjaan yang dilakukan;

e.  harta yang dihibahkan, bantuan, atau sumbangan;

f.   pajak penghasilan;

g.  gaji yang dibayarkan kepada anggota persekutuan, firma, perseroan komanditer, yang modalnya tidak terbagi atas saham; dan

h.  sanksi administrasi berupa bunga, denda, dan kenaikan serta sanksi pidana di bidang perpajakan berupa denda.

Disamping biaya-biaya tersebut diatas, ada beberapa jenis biaya yang dibayarkan oleh BUT kepada kantor pusatnya yang tidak boleh dikurangkan, yaitu:

a. royalti atau imbalan lainnya sehubungan dengan penggunaan harta, paten, atau hak-hak lainnya;

b. imbalan sehubungan dengan jasa manajemen atau jasa lainnya; dan

c. bunga, kecuali bunga yang berkenaan dengan usaha perbankan.

PPh YANG HARUS DIBAYAR BUT

Seperti halnya wajib Pajak badan dalam negeri, pengenaan pajak atas BUT dapat bersifat final dan tidak final. PPh Final yang dikenakan setiap kali BUT melakukan kegiatan transaksi, penghasilannya tidak perlu lagi diperhitungkan dalam PhKP dan Pphnya tersebut tidak dapat dikreditkan terhadap pajak yang terutang pada akhir tahun. PPh final dapat dikenakan pada saat melakukan transaksi pembelian dan penjualan, maupun pada saat menerima atau memperoleh penghasilan.

PPh yang dikenakan final , pada saat melakukan transaksi penjualan adalah yang dipungut Bursa Efek di Indonesia atas transaksi penjualan saham di bursa. Sedang yang dikenakan final pada saat menerima atau memperoleh penghasilan adalah PPh atas penghasilan berupa bunga deposito, tabungan dan jasa giro dari bank di Indonesia, dan diskonto SBI, serta atas hadiah undian, baik yang berupa hadiah uang maupun barang.

Disamping itu, atas BUT juga dikenakan PPh Pasal 26 sebesar 20% atas penghasilan setelah pajak (branch profit tax). Ketentuan ini juga diatur dalam P3B yang berlaku, kecuali P3B Rl-Selandia Baru. Oleh karena itu, kecuali untuk BUT yang kantor pusatnya merupakan penduduk Selandia Baru, maka Indonesia mempunyai hak mengenakan pajak atas penghasilan setelah pajak dari BUT. Walaupun demikian, perlu diperhatikan ketentuan tarifnya, karena pada umumnya tarifnya tidak sebesar 20%.

Penghasilan selain dari penghasilan tersebut diatas dikenakan pajak secara tidak final, yaitu PPh dikenakan atas penghasilan selama satu tahun pajak yang besarnya sama dengan hasil perkalian tarif umum dengan Penghasilan Kena Pajak (PhKP).

pelunasan pajak tersebut dilakukan melalui mekanisme pemotongan/pemungutan maupun melalui pembayaran sendiri, yaitu melalui pemotongan PPh Pasal 27, PPh Pasal 23, dan PPh pasal 26 yang bersifat tidak final maupun melalui penyetoran PPh Pasal 25 dan PPh Pasal 29.

  1. untuk menghitung besarnya Penghasilan Kena Pajak (PhKP), di bawah ini diberikan skema penghitungan PhKP sebagai berikut :
Penghasilan Bruto              A
Pengurangan                     B (-)
Penghasilan Neto               C
Kompensasi kerugian         D (-)
Penghasilan Kena Pajak      E

 

  1. Tarif Umum PPh

Terdapat tiga tarif berdasarkan lapisan PKP-nya, yaitu :
1) untuk PKP sampai dengan Rp 50 juta = 10%
2) untuk PKP lebih dari Rp 50 juta sampai dengan Rp 100 juta = 15%
3) untuk PKP lebih dari Rp 100 juta = 30%

  1. Kompensasi kerugian yang boleh dikurangkan dari penghasilan neto BUT.

Suatu BUT dapat mengurangkan dari penghasilan netonya kerugian-kerugian tahun- tahun sebelumnya. Ketentuannya sebagai berikut :

a)  Kerugian yang dapat dikompensasikan adalah saldo negatif dari penghasilan bruto dikurangi pengurangan dari tahun-tahun sebelumnya.

b)  Kerugian dapat dikompensasikan dengan penghasilan neto tahun pajak berikutnya, berturut-turut sampai 5 tahun.

c)  Kerugian yang dapat dikompensasikan adalah kerugian yang tercantum pada skp, Surat Keputusan Pembetulan, Surat Keputusan Keberatan, Putusan Banding, atau dalam SPT jika belum ada skp.

d) Kerugian yang tercantum dalam surat permohonan keberatan atau banding yang belum memperoleh keputusan dari pihak yang berwenang, tidak dapat dikompensasikan.

Disamping hal-hal di atas, kepada BUT dapat diberikan fasilitas perpajakan berupa pembebasan PPh Pasal 26(4) (Branch Profit Tax) atas penghasilan kena pajak sesudah dikurangi pajak , apabila penghasilan tersebut ditanamkan kembali di Indonesia sesuai KMK N0.113/KMK.03/2002. Persyaratan kumulatif yang harus dipenuhi adalah:

  • Penanaman kembali dilakukan atas seluruh penghasilan kena pajak setelah dikurangi PPh dalam bentuk penyertaan modal pada perusahaan yang baru didirikan dan berkedudukan di Indonesia sebagai pendiri atau peserta pendiri;
  • Penanaman kembali dilakukan dalam tahun pajak berjalan atau selambat-lambatnya tahun pajak berikutnya dari tahun pajak ditirima atau diperolehnya penghasilan tersebut; dan
  • Tidak melakukan pengalihan atas penanaman kembali tersebut paling sedikit dalam jangka waktu 2 tahun sesudah perusahaan tempat penanaman dilakukan berproduksi komersial.

Copyright © Mitra Konsultindo-Konsultan Pajak ®

konsultan pajak , jasa konsultan pajak , konsultan pajak jakarta , konsultan pajak indonesia , konsultan pajak jabodetabek , konsultan pajak jakarta barat , konsultan pajak jakarta timur , konsultan pajak jakarta selatan , konsultan pajak jakarta utara , konsultan pajak jakarta pusat , konsultan pajak bogor , konsultan pajak depok , konsultan pajak tangerang , konsultan pajak bekasi , kantor konsultan pajak , konsultan pajak murah , jasa konsultasi pajak , tarif konsultan pajak , jasa laporan keuangan , pembuatan laporan keuangan , jasa manajemen bisnis , konsultan bisnis , jasa konsultan pajak jakarta , jasa konsultasi pajak , jasa laporan pajak , jasa laporan spt pajak , jasa laporan spt tahunan , jasa laporan spt masa bulanan , jasa laporan spt pajak orang pribadi , jasa laporan spt pajak badan usaha , jasa laporan spt pajak perusahaan , jasa laporan keuangan , jasa pembuatan laporan keuangan , jasa akuntansi , jasa pembukuan , jasa pembuatan laporan pajak , jasa pembuatan laporan spt pajak , jasa pembuatan laporan spt tahunan , jasa pembuatan spt pajak , jasa pembuatan spt tahunan , jasa pembuatan spt masa bulanan , jasa pembuatan spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan spt tahunan perusahaan , konsultan pajak 2014 , jasa konsultan pajak 2014 , konsultan pajak 2015 , jasa konsultan pajak 2015 , jasa laporan spt tahunan orang pribadi , jasa laporan spt tahunan badan usaha , jasa laporan spt tahunan perusahaan , jasa pembuatan spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan spt tahunan perusahaan , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan perusahaan ,

jasa akuntansi , jasa akutansi , jasa pembukuan , jasa akuntansi pembukuan , jasa pembukuan akuntansi , jasa pembukuan laporan keuangan , jasa akuntansi laporan keuangan , jasa laporan keuangan , jasa pembuatan laporan keuangan , jasa pembuatan perusahaan , jasa pendiriaan perusahaan , jasa pembuatan usaha , jasa pendirian usaha , jasa pembuatan pt , jasa pendirian pt , jasa pembuatan cv , jasa pendirian cv , jasa audit , jasa audit laporan keuangan , jasa internal audit , jasa pengurusan izin usaha , jasa pengurusan ijin usaha , jasa perizinan usaha , jasa perijinan usaha ,

jasa akuntansi jakarta , jasa akutansi jakarta , jasa pembukuan jakarta , jasa akuntansi pembukuan jakarta , jasa pembukuan akuntansi jakarta , jasa pembukuan laporan keuangan jakarta , jasa akuntansi laporan keuangan jakarta , jasa laporan keuangan jakarta , jasa pembuatan laporan keuangan jakarta , jasa pembuatan perusahaan jakarta , jasa pendiriaan perusahaan jakarta , jasa pembuatan usaha jakarta , jasa pendirian usaha jakarta , jasa pembuatan pt jakarta , jasa pendirian pt jakarta , jasa pembuatan cv jakarta , jasa pendirian cv jakarta , jasa audit jakarta , jasa audit laporan keuangan jakarta , jasa internal audit jakarta , jasa pengurusan izin usaha jakarta , jasa pengurusan ijin usaha jakarta , jasa perizinan usaha jakarta , jasa perijinan usaha jakarta ,

jasa manajemen bisnis , jasa bisnis manajemen , jasa konsultan bisnis , jasa konsultan manajemen , jasa konsultan bisnis manajemen , jasa konsultan manajemen bisnis , jasa manajemen bisnis jakarta , jasa bisnis manajemen jakarta , jasa konsultan bisnis jakarta , jasa konsultan manajemen jakarta , jasa konsultan bisnis manajemen jakarta , jasa konsultan manajemen bisnis jakarta

===

jasa akuntansi bogor , jasa akutansi bogor , jasa pembukuan bogor , jasa akuntansi pembukuan bogor , jasa pembukuan akuntansi bogor , jasa pembukuan laporan keuangan bogor , jasa akuntansi laporan keuangan bogor , jasa laporan keuangan bogor , jasa pembuatan laporan keuangan bogor , jasa pembuatan perusahaan bogor , jasa pendiriaan perusahaan bogor , jasa pembuatan usaha bogor , jasa pendirian usaha bogor , jasa pembuatan pt bogor , jasa pendirian pt bogor , jasa pembuatan cv bogor , jasa pendirian cv bogor , jasa audit bogor , jasa audit laporan keuangan bogor , jasa internal audit bogor , jasa pengurusan izin usaha bogor , jasa pengurusan ijin usaha bogor , jasa perizinan usaha bogor , jasa perijinan usaha bogor ,

jasa manajemen bisnis bogor , jasa bisnis manajemen bogor , jasa konsultan bisnis bogor , jasa konsultan manajemen bogor , jasa konsultan bisnis manajemen bogor , jasa konsultan manajemen bisnis bogor ,

jasa akuntansi depok , jasa akutansi depok , jasa pembukuan depok , jasa akuntansi pembukuan depok , jasa pembukuan akuntansi depok , jasa pembukuan laporan keuangan depok , jasa akuntansi laporan keuangan depok , jasa laporan keuangan depok , jasa pembuatan laporan keuangan depok , jasa pembuatan perusahaan depok , jasa pendiriaan perusahaan depok , jasa pembuatan usaha depok , jasa pendirian usaha depok , jasa pembuatan pt depok , jasa pendirian pt depok , jasa pembuatan cv depok , jasa pendirian cv depok , jasa audit depok , jasa audit laporan keuangan depok , jasa internal audit depok , jasa pengurusan izin usaha depok , jasa pengurusan ijin usaha depok , jasa perizinan usaha depok , jasa perijinan usaha depok ,

jasa manajemen bisnis depok , jasa bisnis manajemen depok , jasa konsultan bisnis depok , jasa konsultan manajemen depok , jasa konsultan bisnis manajemen depok , jasa konsultan manajemen bisnis depok ,

jasa akuntansi tangerang , jasa akutansi tangerang , jasa pembukuan tangerang , jasa akuntansi pembukuan tangerang , jasa pembukuan akuntansi tangerang , jasa pembukuan laporan keuangan tangerang , jasa akuntansi laporan keuangan tangerang , jasa laporan keuangan tangerang , jasa pembuatan laporan keuangan tangerang , jasa pembuatan perusahaan tangerang , jasa pendiriaan perusahaan tangerang , jasa pembuatan usaha tangerang , jasa pendirian usaha tangerang , jasa pembuatan pt tangerang , jasa pendirian pt tangerang , jasa pembuatan cv tangerang , jasa pendirian cv tangerang , jasa audit tangerang , jasa audit laporan keuangan tangerang , jasa internal audit tangerang , jasa pengurusan izin usaha tangerang , jasa pengurusan ijin usaha tangerang , jasa perizinan usaha tangerang , jasa perijinan usaha tangerang ,

jasa manajemen bisnis tangerang , jasa bisnis manajemen tangerang , jasa konsultan bisnis tangerang , jasa konsultan manajemen tangerang , jasa konsultan bisnis manajemen tangerang , jasa konsultan manajemen bisnis tangerang ,

jasa akuntansi bekasi , jasa akutansi bekasi , jasa pembukuan bekasi , jasa akuntansi pembukuan bekasi , jasa pembukuan akuntansi bekasi , jasa pembukuan laporan keuangan bekasi , jasa akuntansi laporan keuangan bekasi , jasa laporan keuangan bekasi , jasa pembuatan laporan keuangan bekasi , jasa pembuatan perusahaan bekasi , jasa pendiriaan perusahaan bekasi , jasa pembuatan usaha bekasi , jasa pendirian usaha bekasi , jasa pembuatan pt bekasi , jasa pendirian pt bekasi , jasa pembuatan cv bekasi , jasa pendirian cv bekasi , jasa audit bekasi , jasa audit laporan keuangan bekasi , jasa internal audit bekasi , jasa pengurusan izin usaha bekasi , jasa pengurusan ijin usaha bekasi , jasa perizinan usaha bekasi , jasa perijinan usaha bekasi ,

jasa manajemen bisnis bekasi , jasa bisnis manajemen bekasi , jasa konsultan bisnis bekasi , jasa konsultan manajemen bekasi , jasa konsultan bisnis manajemen bekasi , jasa konsultan manajemen bisnis bekasi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *