Konsultan Pajak Jakarta Jasa – Pengembalian Kelebihan Pembayaran Pajak dan Pemberian Imbalan Bunga

Konsultan Pajak Jakarta Jasa │ Jasa Pembukuan Akuntansi Laporan Keuangan │ Jasa Audit | Konsultan Manajemen Bisnis | Jasa Pembuatan Perusahaan & Izin Usaha

TATA CARA PENGEMBALIAN KELEBIHAN PEMBAYARAN PAJAK

Pasal 11 UU KUP antara lain mengatur tentang pengembalian kelebihan pembayaran pajak sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17, Pasal 17B, atau Pasal 17C UU KUP. Dengan catatan apabila ternyata WP masih mempunyai utang pajak, maka kelebihan itu akan langsung diperhitungkan (dikompensasikan) untuk melunasi terlebih dahulu utang pajak tersebut.

Sedangkan dalam Pasal 27A UU KUP antara lain diatur tentang pengembalian kelebihan pembayaran pajak yang timbul sebagai akibat pengajuan keberatan atau permohonan banding WP diterima baik sebagian atau seluruhnya, sepanjang utang pajak dalam SKPKB dan atau SKPKBT telah dibayar yang menyebabkan kelebihan pembayaran pajak. Dalam ayat 2 pasal ini secara tersirat juga disebutkan tentang kelebihan pembayaran pajak sebagai akibat sanksi administrasi yang sudah terlanjur dibayar WP namun ternyata dikurangkan atau dihapuskan berdasarkan SK Pengurangan atau Penghapusan Sanksi Administrasi (Pasal 36 ayat (1) a) yang diterbitkan sehubungan dengan diterimanya pengajuan keberatan atau permohonan banding WP.

Berdasarkan KMK No. 538/KMK.04/2000 kelebihan pembayaran pajak yang masih tersisa dikembalikan dalam jangka waktu satu bulan sejak :

a. permohonan pengembalian kelebihan pembayaran sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17 UU KUP diterima;

b. SKPLB sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17B UU KUP diterbitkan;

c. SKPPKP sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17C UU KUP diterbitkan;

d. Keputusan Keberatan diterbitkan atau Putusan Banding diterima sebagaimana dimakud dalam Pasal 26 dan Pasal 27 UU KUP;

e. SK Pengurangan atau Penghapusan Sanksi Administrasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 36 ayat (1) a diterbitkan.

Pengembalian kelebihan pembayaran pajak dilakukan dengan menerbitkan Surat Perintah Membayar Kelebihan pajak (SPMKP).

PERMOHONAN RESTITUSI PAJAK

Untuk dapat memperoleh pengembalian kelebihan pembayaran pajak maka WP terlebih dulu harus mengajukan permohonan. Permohonan pengembalian kelebihan pembayaran pajak ini biasa disebut dengan permohonan restitusi pajak. Permohonan restitusi perlu dilakukan karena tanpa permohonan tersebut maka kelebihan pembayaran pajak tidak dapat dikembalikan. Dikaitkan dengan permohonan restitusi, maka secara umum pola restitusi dalam UU KUP dibagi menjadi tiga, yaitu :

  1. Pasal 17              :  permohonan restitusi diajukan setelah diterbitkan SKPLB. Permohonan dilakukan melalui suatu surat tersendiri.
  2. Pasal 17 B           :  permohonan restitusi diajukan sebelum diterbitkan SKPLB. Permohonan dilakukan dengan cara mengisi kotak isian restitusi dalam SPT atau dengan melampirkan surat permohonan tersendiri dalam SPT.
  3. Pasal 17 C           :  Permohonan restitusi diajukan sebelum dan tidak terkait SKPLB. Permohonan dilakukan dengan cara mengisi kotak isian restitusi dalam SPT atau dengan melampirkan surat permohonan tersendiri dalam SPT.

Permohonan Restitusi Berdasarkan Pasal 17 UU KUP

Sebagaimana telah dibahas sebelumnya, bahwa dikaitkan dengan Pasal 17 UU KUP, permohonan restitusi dilakukan setelah SKPLB diterbitkan. Artinya SKPLB ini semata-mata terjadi karena adanya penetapan pajak hasil dari suatu pemeriksaan. Penerbitan SKPLB ini tidak terkait dengan permohonan restitusi WP. SKPLB ini bisa berasal dari hasil pemeriksaan terhadap SPT yang menyatakan Kurang Bayar atau Nihil, atau bahkan terhadap SPT yang menyatakan Lebih Bayar namun karena WP tidak memohon restitusi, maka penyelesaiannya diproses berdasarkan Pasal 17 UU KUP.

Setelah SKPLB diterbitkan, WP dapat mengajukan restitusi (dalam surat permohonan tersendiri) sebesar jumlah lebih bayar dalam ketetapan tersebut, kecuali apabila WP mengajukan keberatan atas penetapan tersebut. Dalam jangka waktu satu bulan sejak diterima permohonan restitusi WP, fiskus harus menerbitkan SPMKP.

Permohonan Restitusi Berdasarkan Pasal 17B UU KUP

Untuk restitusi berdasarkan Pasal 17B UU KUP, permohonan WP diajukan pada saat penyampaian SPT. Ini artinya WP menyampaikan SPT yang menyatakan Lebih Bayar disertai dengan permohonan restitusi. Permohonan dapat dilakukan WP dengan cara mengisi kotak yang tersedia di SPT atau melalui surat tersendiri yang dilampirkan di SPT. Oleh karena WP menyampaikan permohonan restitusi, maka setelah melakukan pemeriksaan fiskus harus memberikan ketetapan paling lambat 12 bulan sejak surat permohonan WP diterima secara lengkap.

Khusus untuk restitusi PPN yang diajukan oleh PKP yang melakukan kegiatan tertentu, yaitu ekspor dan penyerahan BKP/JKP kepada Pemungut PPN, fiskus harus menerbitkan skp paling lambat dua bulan sejak saat diterimanya permohonan secara lengkap. Kecuali apabila alas pemohonan tersebut penyelesaiannya dilakukan melalui pemeriksaan untuk semua jenis pajak (all taxes), maka jangka waktu penerbitan skp tetap 12 bulan.

Apabila jangka waktu di atas (12 atau 2 bulan) telah lewat dan skp belum diterbitkan, meskipun telah dilakukan pemeriksaan sebelumnya, rnaka permohonan restitusi WP dianggap dikabulkan dan harus diterbitkan SKPLB paling lambat satu bulan sejak jangka waktu tersebut berakhir. Dalam hal ini SKPLB harus diterbitkan sesuai dengan jumlah lebih bayar yang diminta WP.

Dalam jangka waktu satu bulan kemudian, yakni setelah SKPLB terbit, fiskus harus sudah menerbitkan SPMKP.

Permohonan Restitusi Berdasarkan Pasal 17C UU KUP

Berbeda dengan dua pola restitusi sebelumnya, dalam Pasal 17C proses restitusi tidak dikaitkan dengan penerbitan SKPLB. Oleh karena SKPLB merupakan produk pemeriksaan dan restitusi ini tidak terkait dengan SKPLB, maka atas restitusi ini juga tidak perlu dilakukan pemeriksaan namun cukup dilakukan penelitian.

Penelitian yang dimaksud di sini adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk menilai kelengkapan pengisian SPT dan lampiran-lampirannya yang dilaporkan oleh WP Patuh, termasuk penilaian tentang kebenaran penulisan dan penghitungannya. Pelaksanaan penelitian relatif lebih sederhana dibandingkan dengan pemeriksaan. Oleh karena itu produk formal yang dihasilkan bukan SKPLB, melainkan berupa Surat Keputusan Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pajak (SKPPKP).

SKPPKP adalah surat keputusan yang menyatakan jumlah pengembalian pendahuluan kelebihan pembayaran pajak untuk WP Patuh yang melaporkan jumlah kredit pajak lebih besar dari pajak yang terutang dalam SPT Tahunan PPh atau Pajak Masukan yang dapat dikreditkan lebih besar dari Pajak Keluaran dalam SPT Masa PPN. Menurut UU KUP SKPPKP diterbitkan paling lambat :

a. 3 bulan sejak permohonan diterima, untuk PPh;
b. 1 bulan sejak permohonan diterima, untuk PPN.

Setelah terbit SKPPKP, maka dalam jangka waktu satu bulan fiskus harus menerbitkan SPMKP. Namun sebelum SPMKP diterbitkan, terlebih dahulu diterbitkan Surat Keputusan Pengembalian Kelebihan Pembayaran Pajak (SKPKPP). SKPKPP diterbitkan berdasarkan SKPPKP setelah diperhitungkan terlebih dahulu dengan utang pajak.

Copyright © Mitra Konsultindo-Konsultan Pajak ®

konsultan pajak , jasa konsultan pajak , konsultan pajak jakarta , konsultan pajak indonesia , konsultan pajak jabodetabek , konsultan pajak jakarta barat , konsultan pajak jakarta timur , konsultan pajak jakarta selatan , konsultan pajak jakarta utara , konsultan pajak jakarta pusat , konsultan pajak bogor , konsultan pajak depok , konsultan pajak tangerang , konsultan pajak bekasi , kantor konsultan pajak , konsultan pajak murah , jasa konsultasi pajak , tarif konsultan pajak , jasa laporan keuangan , pembuatan laporan keuangan , jasa manajemen bisnis , konsultan bisnis , jasa konsultan pajak jakarta , jasa konsultasi pajak , jasa laporan pajak , jasa laporan spt pajak , jasa laporan spt tahunan , jasa laporan spt masa bulanan , jasa laporan spt pajak orang pribadi , jasa laporan spt pajak badan usaha , jasa laporan spt pajak perusahaan , jasa laporan keuangan , jasa pembuatan laporan keuangan , jasa akuntansi , jasa pembukuan , jasa pembuatan laporan pajak , jasa pembuatan laporan spt pajak , jasa pembuatan laporan spt tahunan , jasa pembuatan spt pajak , jasa pembuatan spt tahunan , jasa pembuatan spt masa bulanan , jasa pembuatan spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan spt tahunan perusahaan , konsultan pajak 2014 , jasa konsultan pajak 2014 , konsultan pajak 2015 , jasa konsultan pajak 2015 , jasa laporan spt tahunan orang pribadi , jasa laporan spt tahunan badan usaha , jasa laporan spt tahunan perusahaan , jasa pembuatan spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan spt tahunan perusahaan , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan perusahaan ,

jasa akuntansi , jasa akutansi , jasa pembukuan , jasa akuntansi pembukuan , jasa pembukuan akuntansi , jasa pembukuan laporan keuangan , jasa akuntansi laporan keuangan , jasa laporan keuangan , jasa pembuatan laporan keuangan , jasa pembuatan perusahaan , jasa pendiriaan perusahaan , jasa pembuatan usaha , jasa pendirian usaha , jasa pembuatan pt , jasa pendirian pt , jasa pembuatan cv , jasa pendirian cv , jasa audit , jasa audit laporan keuangan , jasa internal audit , jasa pengurusan izin usaha , jasa pengurusan ijin usaha , jasa perizinan usaha , jasa perijinan usaha ,

jasa akuntansi jakarta , jasa akutansi jakarta , jasa pembukuan jakarta , jasa akuntansi pembukuan jakarta , jasa pembukuan akuntansi jakarta , jasa pembukuan laporan keuangan jakarta , jasa akuntansi laporan keuangan jakarta , jasa laporan keuangan jakarta , jasa pembuatan laporan keuangan jakarta , jasa pembuatan perusahaan jakarta , jasa pendiriaan perusahaan jakarta , jasa pembuatan usaha jakarta , jasa pendirian usaha jakarta , jasa pembuatan pt jakarta , jasa pendirian pt jakarta , jasa pembuatan cv jakarta , jasa pendirian cv jakarta , jasa audit jakarta , jasa audit laporan keuangan jakarta , jasa internal audit jakarta , jasa pengurusan izin usaha jakarta , jasa pengurusan ijin usaha jakarta , jasa perizinan usaha jakarta , jasa perijinan usaha jakarta ,

jasa manajemen bisnis , jasa bisnis manajemen , jasa konsultan bisnis , jasa konsultan manajemen , jasa konsultan bisnis manajemen , jasa konsultan manajemen bisnis , jasa manajemen bisnis jakarta , jasa bisnis manajemen jakarta , jasa konsultan bisnis jakarta , jasa konsultan manajemen jakarta , jasa konsultan bisnis manajemen jakarta , jasa konsultan manajemen bisnis jakarta

===

jasa akuntansi bogor , jasa akutansi bogor , jasa pembukuan bogor , jasa akuntansi pembukuan bogor , jasa pembukuan akuntansi bogor , jasa pembukuan laporan keuangan bogor , jasa akuntansi laporan keuangan bogor , jasa laporan keuangan bogor , jasa pembuatan laporan keuangan bogor , jasa pembuatan perusahaan bogor , jasa pendiriaan perusahaan bogor , jasa pembuatan usaha bogor , jasa pendirian usaha bogor , jasa pembuatan pt bogor , jasa pendirian pt bogor , jasa pembuatan cv bogor , jasa pendirian cv bogor , jasa audit bogor , jasa audit laporan keuangan bogor , jasa internal audit bogor , jasa pengurusan izin usaha bogor , jasa pengurusan ijin usaha bogor , jasa perizinan usaha bogor , jasa perijinan usaha bogor ,

jasa manajemen bisnis bogor , jasa bisnis manajemen bogor , jasa konsultan bisnis bogor , jasa konsultan manajemen bogor , jasa konsultan bisnis manajemen bogor , jasa konsultan manajemen bisnis bogor ,

jasa akuntansi depok , jasa akutansi depok , jasa pembukuan depok , jasa akuntansi pembukuan depok , jasa pembukuan akuntansi depok , jasa pembukuan laporan keuangan depok , jasa akuntansi laporan keuangan depok , jasa laporan keuangan depok , jasa pembuatan laporan keuangan depok , jasa pembuatan perusahaan depok , jasa pendiriaan perusahaan depok , jasa pembuatan usaha depok , jasa pendirian usaha depok , jasa pembuatan pt depok , jasa pendirian pt depok , jasa pembuatan cv depok , jasa pendirian cv depok , jasa audit depok , jasa audit laporan keuangan depok , jasa internal audit depok , jasa pengurusan izin usaha depok , jasa pengurusan ijin usaha depok , jasa perizinan usaha depok , jasa perijinan usaha depok ,

jasa manajemen bisnis depok , jasa bisnis manajemen depok , jasa konsultan bisnis depok , jasa konsultan manajemen depok , jasa konsultan bisnis manajemen depok , jasa konsultan manajemen bisnis depok ,

jasa akuntansi tangerang , jasa akutansi tangerang , jasa pembukuan tangerang , jasa akuntansi pembukuan tangerang , jasa pembukuan akuntansi tangerang , jasa pembukuan laporan keuangan tangerang , jasa akuntansi laporan keuangan tangerang , jasa laporan keuangan tangerang , jasa pembuatan laporan keuangan tangerang , jasa pembuatan perusahaan tangerang , jasa pendiriaan perusahaan tangerang , jasa pembuatan usaha tangerang , jasa pendirian usaha tangerang , jasa pembuatan pt tangerang , jasa pendirian pt tangerang , jasa pembuatan cv tangerang , jasa pendirian cv tangerang , jasa audit tangerang , jasa audit laporan keuangan tangerang , jasa internal audit tangerang , jasa pengurusan izin usaha tangerang , jasa pengurusan ijin usaha tangerang , jasa perizinan usaha tangerang , jasa perijinan usaha tangerang ,

jasa manajemen bisnis tangerang , jasa bisnis manajemen tangerang , jasa konsultan bisnis tangerang , jasa konsultan manajemen tangerang , jasa konsultan bisnis manajemen tangerang , jasa konsultan manajemen bisnis tangerang ,

jasa akuntansi bekasi , jasa akutansi bekasi , jasa pembukuan bekasi , jasa akuntansi pembukuan bekasi , jasa pembukuan akuntansi bekasi , jasa pembukuan laporan keuangan bekasi , jasa akuntansi laporan keuangan bekasi , jasa laporan keuangan bekasi , jasa pembuatan laporan keuangan bekasi , jasa pembuatan perusahaan bekasi , jasa pendiriaan perusahaan bekasi , jasa pembuatan usaha bekasi , jasa pendirian usaha bekasi , jasa pembuatan pt bekasi , jasa pendirian pt bekasi , jasa pembuatan cv bekasi , jasa pendirian cv bekasi , jasa audit bekasi , jasa audit laporan keuangan bekasi , jasa internal audit bekasi , jasa pengurusan izin usaha bekasi , jasa pengurusan ijin usaha bekasi , jasa perizinan usaha bekasi , jasa perijinan usaha bekasi ,

jasa manajemen bisnis bekasi , jasa bisnis manajemen bekasi , jasa konsultan bisnis bekasi , jasa konsultan manajemen bekasi , jasa konsultan bisnis manajemen bekasi , jasa konsultan manajemen bisnis bekasi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *