Konsultan Pajak Jakarta Jasa – Tata Cara Pelunasan Bea Materai

Konsultan Pajak Jakarta Jasa │ Jasa Pembukuan Akuntansi Laporan Keuangan │ Jasa Audit | Konsultan Manajemen Bisnis | Jasa Pembuatan Perusahaan & Izin Usaha

Tata cara pelunasan BM secara umum dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu :

a. dengan menggunakan benda meterai;
b. dengan menggunakan cara lain;
c. dengan pemeteraian kemudian.

BENDA METERAI

Macam dan Pengurusan Benda Meterai Sesuai dengan pengertiannya, Benda Meterai terdiri dari Materai Tempel dan Kertas Meterai. Mengikuti ketentuan tarif pengenaan BM, Meterai temple yang berlaku saat ini mempunvai dua jenis tarif yaitu Rp 3.000,- (tiga ribu rupiah) dan Rp 6.000,- (enam ribu rupiah). Sedangkan kertas meterai atau kertas segel hanya mengenal satu macam tariff yaitu Rp 6.000,- (enam ribu rupiah).

Bentuk, ukuran, warna, pencetakan, pengurusan dan penjualan Benda Meterai dtentukan oleh Menteri Keuangan. Pencetakan Benda Meterai dilakukan oleh Perum Peruri. Pengelolaan dan penjualan Benda Meterai dilakukan oleh PT Pos Indonesia (Persero). Hasil pencetakan, penjualan, dan persediaan Benda Materai dilaporkan kepada Dirjen Pajak.

Tata Cara pelunasan

Tata cara pelunasan BM menggunakan meterai tempel :

  1. Meterai tempel direkatkan seluruhnya dengan utuh dan tidak rusak di atas dokumen yang dikenakan BM;
  2. Meterai tempel direkatkan di tempat dimana tanda tangan akan dibubuhkan;
  3. Pembubuhan tanda tangan disertai dengan pencantuman tangga, bulan, dan tahun dilakukan dengan tinta atau yang sejenis dengan itu, sehingga sebagian tanda tangan ada di atas kertas dan sebagian lagi di atas meterai tempel;
  4. Jika digunakan lebih dari satu meterai tempel, tanda tangan harus dibubuhkan sebagaian di atas semua meterai temple dan sebagiannya di atas kertas;
  5. Apabila ketentuan sebagaimana di atas tidak dipenuhi, dokumen yang bersangkutan dianggap tidak bermeterai.

Tata cara pelunasan BM menggunakan kertas meterai :

  1. Sehelai kertas meterai hanya dapat digunakan untuk sekali pemakaian;
  2. Kertas meterai yang sudah digunakan, tidak boleh digunakan lagi;
  3. Jika isi dokumen yang dikenakan Bea Meterai terlalu panjang untuk dimuat seluruhnya di atas kertas meterai yang digunakan, maka untuk bagian isi yang masih tertinggal dapat digunakan kertas tidak bermeterai;
  4. Jika sehelai kertas meterai karena sesuatu hal tidak jadi digunakan dan dalam hal ini belum ditandatangani oleh yang berkepentingan, sedangkan dalam kertas meterai telah telanjur ditulis dengan beberapa kata/kalimat yang belum merupakan suatu dokumen yang selesai dan kemudian tulisan yang ada pada kertas meterai tersebut dicoret dan dimuat tulisan atau keterangan baru, maka kertas meterai yang demikian dapat digunakan dan tidak perlu dibubuhi meterai lagi;
  5.  Apabila ketentuan sebagaimana di atas tidak dipenuhi, dokumen yang bersangkutan dianggap tidak bermeterai.

CARA LAIN

Pelunasan BM dengan cara lain dilakukan dengan membubuhkan tanda Bea Meterai Lunas pada dokumen dengan menggunakan:

  1. Mesin Teraan Meterai;
  2. Teknologi Percetakan;
  3. Sistem Komputerisasi;
  4. Alat lain dengan teknologi tertentu.

Pelunasan BM dengan mesin teraan meterai dilakukan dengan ketentuan :

–          Hanya diperkenankan kepada penerbit dokumen yang melakukan pemeteraian dengan jumlah rata-rata setiap hari minimal sebanyak 50 dokumen;

–          Penerbit dokumen harus mengajukan permohonan ijin secara tertulis kepada Kepala KPP setempat dengan mencantumkan jenis/merk dan tahun pembuatan mesin teraan serta melampirkan surat pernyataan tentang jurnlah rata-rata dokumen yang harus dilunasi BM setiap hari;

–          Penerbit dokumen harus melakukgnrffiyetoran BM di muka minimal sebesar Rp 15,000.000,- dengan menggunakan SSP;

–          Penerbit dokumen wajib menyampaikan laporan bulanan ke KPP setempat paling lambat tanggal 15 setiap bulan;

Pelunasan BM dengan teknologi percetakan dilakukan dengan ketentuan :

–          Hanya diperkenankan untuk dokumen yang berbentuk cek, bilyet giro, dan efek dengan nama dan bentuk apapun;

–          Penerbit dokumen harus melakukan penyetoran BM di muka sebesar jumlah dokumen yang harus dilunasi dengan menggunakan SSP;

–          Penerbit dokumen harus mengajukan permohonan Uin secara tertulis kepada Dirjen Pajak dengan mencantumkan jenis dokumen yang akan dilunasi dan jumlah BM yang telah dibayar;

–          Penerbit dokumen harus menyampaikan laporan bulanan kepada Dirjen Pajak paling lambat tanggal 10 setiap bulan.

Pelunasan BM dengan sistem komputerisasi dilakukan dengan ketentuan :

–          Hanya diperkenankan untuk dokumen yang berbentuk surat yang memuat jumlah uang dengan jumlah rata-rata pemeteraian setiap hari mininal 100 dokumen;

–          Penerbit dokumen harus mengajukan permohonan ijin secara tertulis kepada Dirjen Pajak dengan mencantumkan jenis dokumen dan perkiraan jumlah rata-rata dokumen yang akan dilunasi BM setiap hari;

–          Penerbit dokumen harus melakukan pembayaran BM di muka minimal sebesar perkiraan jumlah dokumen yang harus dilunasi BM setiap bulan dengan menggunakan SSP;

–          Penerbit dokumen harus menyampaikan laporan bulanan tentang realisasi penggunaan dan saldo BM kepada Dirjen Pajak paling lambat tanggal 15 setiap bulan.

PEMETERAIAN KEMUDIAN

Pemeteraian kemudian dilakukan atas:

  1. Dokumen yang semula tidak terutang BM, namun akan digunakan sebagai alat pembuktian di muka pengadilan. Besarnya BM yang harus dilunasi adalah sebesar BM yang terutang sesuai dengan peraturan yang berlaku pada saat pemeteraian kemudian dilakukan.
  2. Dokumen yang BM-nya tidak atau kurang dilunasi sebagaimana mestinya. Besarnya BM yang harus dilunasi adalah sebesar BM yang terutang ditambah dengan denda sebesar 200% dari BM yang tidak atau kurang dilunasi.
  3. Dokumen yang dibuat di luar negeri dan akan digunakan di Indonesia. Besarnya BM yang harus dilunasi adalah sebesar BM yang terutang sesuai dengan peraturan yang berlaku pada saat pemeteraian kemudian dilakukan. Dalam hal pemeteraian baru dilakukan setelah dokumen digunakan, pemegang dokumen wajib membayar denda sebesar 200% dari BM yang terutang.

Pemeteraian kemudian dilakukan dengan menggunakan meterai tempel atau SSP dengan kode MAP 0171 (kode baru MAP 411611) untuk Bea Materai terutang dan 0174 untuk membayar dendanya. Pemeteraian kemudian harus disahkan oleh Pejabat Pos setelah pemegang dokumen membayar sanksi administrasi.

Apabila pemeteraian kemudian menggunakan SSP, maka SSP harus dilampiri dengan daftar dokumen yang dimeteraikan kemudian. Daftar dokumen tersebut disahkan oleh Pejabat Pos dan merupakan lampiran yang tidak terpisahkan dari SSP lembar 3 dan lembar 1.

Copyright © Mitra Konsultindo-Konsultan Pajak ®

konsultan pajak , jasa konsultan pajak , konsultan pajak jakarta , konsultan pajak indonesia , konsultan pajak jabodetabek , konsultan pajak jakarta barat , konsultan pajak jakarta timur , konsultan pajak jakarta selatan , konsultan pajak jakarta utara , konsultan pajak jakarta pusat , konsultan pajak bogor , konsultan pajak depok , konsultan pajak tangerang , konsultan pajak bekasi , kantor konsultan pajak , konsultan pajak murah , jasa konsultasi pajak , tarif konsultan pajak , jasa laporan keuangan , pembuatan laporan keuangan , jasa manajemen bisnis , konsultan bisnis , jasa konsultan pajak jakarta , jasa konsultasi pajak , jasa laporan pajak , jasa laporan spt pajak , jasa laporan spt tahunan , jasa laporan spt masa bulanan , jasa laporan spt pajak orang pribadi , jasa laporan spt pajak badan usaha , jasa laporan spt pajak perusahaan , jasa laporan keuangan , jasa pembuatan laporan keuangan , jasa akuntansi , jasa pembukuan , jasa pembuatan laporan pajak , jasa pembuatan laporan spt pajak , jasa pembuatan laporan spt tahunan , jasa pembuatan spt pajak , jasa pembuatan spt tahunan , jasa pembuatan spt masa bulanan , jasa pembuatan spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan spt tahunan perusahaan , konsultan pajak 2014 , jasa konsultan pajak 2014 , konsultan pajak 2015 , jasa konsultan pajak 2015 , jasa laporan spt tahunan orang pribadi , jasa laporan spt tahunan badan usaha , jasa laporan spt tahunan perusahaan , jasa pembuatan spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan spt tahunan perusahaan , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan orang pribadi , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan badan usaha , jasa pembuatan laporan pajak spt tahunan perusahaan ,

jasa akuntansi , jasa akutansi , jasa pembukuan , jasa akuntansi pembukuan , jasa pembukuan akuntansi , jasa pembukuan laporan keuangan , jasa akuntansi laporan keuangan , jasa laporan keuangan , jasa pembuatan laporan keuangan , jasa pembuatan perusahaan , jasa pendiriaan perusahaan , jasa pembuatan usaha , jasa pendirian usaha , jasa pembuatan pt , jasa pendirian pt , jasa pembuatan cv , jasa pendirian cv , jasa audit , jasa audit laporan keuangan , jasa internal audit , jasa pengurusan izin usaha , jasa pengurusan ijin usaha , jasa perizinan usaha , jasa perijinan usaha ,

jasa akuntansi jakarta , jasa akutansi jakarta , jasa pembukuan jakarta , jasa akuntansi pembukuan jakarta , jasa pembukuan akuntansi jakarta , jasa pembukuan laporan keuangan jakarta , jasa akuntansi laporan keuangan jakarta , jasa laporan keuangan jakarta , jasa pembuatan laporan keuangan jakarta , jasa pembuatan perusahaan jakarta , jasa pendiriaan perusahaan jakarta , jasa pembuatan usaha jakarta , jasa pendirian usaha jakarta , jasa pembuatan pt jakarta , jasa pendirian pt jakarta , jasa pembuatan cv jakarta , jasa pendirian cv jakarta , jasa audit jakarta , jasa audit laporan keuangan jakarta , jasa internal audit jakarta , jasa pengurusan izin usaha jakarta , jasa pengurusan ijin usaha jakarta , jasa perizinan usaha jakarta , jasa perijinan usaha jakarta ,

jasa manajemen bisnis , jasa bisnis manajemen , jasa konsultan bisnis , jasa konsultan manajemen , jasa konsultan bisnis manajemen , jasa konsultan manajemen bisnis , jasa manajemen bisnis jakarta , jasa bisnis manajemen jakarta , jasa konsultan bisnis jakarta , jasa konsultan manajemen jakarta , jasa konsultan bisnis manajemen jakarta , jasa konsultan manajemen bisnis jakarta

===

jasa akuntansi bogor , jasa akutansi bogor , jasa pembukuan bogor , jasa akuntansi pembukuan bogor , jasa pembukuan akuntansi bogor , jasa pembukuan laporan keuangan bogor , jasa akuntansi laporan keuangan bogor , jasa laporan keuangan bogor , jasa pembuatan laporan keuangan bogor , jasa pembuatan perusahaan bogor , jasa pendiriaan perusahaan bogor , jasa pembuatan usaha bogor , jasa pendirian usaha bogor , jasa pembuatan pt bogor , jasa pendirian pt bogor , jasa pembuatan cv bogor , jasa pendirian cv bogor , jasa audit bogor , jasa audit laporan keuangan bogor , jasa internal audit bogor , jasa pengurusan izin usaha bogor , jasa pengurusan ijin usaha bogor , jasa perizinan usaha bogor , jasa perijinan usaha bogor ,

jasa manajemen bisnis bogor , jasa bisnis manajemen bogor , jasa konsultan bisnis bogor , jasa konsultan manajemen bogor , jasa konsultan bisnis manajemen bogor , jasa konsultan manajemen bisnis bogor ,

jasa akuntansi depok , jasa akutansi depok , jasa pembukuan depok , jasa akuntansi pembukuan depok , jasa pembukuan akuntansi depok , jasa pembukuan laporan keuangan depok , jasa akuntansi laporan keuangan depok , jasa laporan keuangan depok , jasa pembuatan laporan keuangan depok , jasa pembuatan perusahaan depok , jasa pendiriaan perusahaan depok , jasa pembuatan usaha depok , jasa pendirian usaha depok , jasa pembuatan pt depok , jasa pendirian pt depok , jasa pembuatan cv depok , jasa pendirian cv depok , jasa audit depok , jasa audit laporan keuangan depok , jasa internal audit depok , jasa pengurusan izin usaha depok , jasa pengurusan ijin usaha depok , jasa perizinan usaha depok , jasa perijinan usaha depok ,

jasa manajemen bisnis depok , jasa bisnis manajemen depok , jasa konsultan bisnis depok , jasa konsultan manajemen depok , jasa konsultan bisnis manajemen depok , jasa konsultan manajemen bisnis depok ,

jasa akuntansi tangerang , jasa akutansi tangerang , jasa pembukuan tangerang , jasa akuntansi pembukuan tangerang , jasa pembukuan akuntansi tangerang , jasa pembukuan laporan keuangan tangerang , jasa akuntansi laporan keuangan tangerang , jasa laporan keuangan tangerang , jasa pembuatan laporan keuangan tangerang , jasa pembuatan perusahaan tangerang , jasa pendiriaan perusahaan tangerang , jasa pembuatan usaha tangerang , jasa pendirian usaha tangerang , jasa pembuatan pt tangerang , jasa pendirian pt tangerang , jasa pembuatan cv tangerang , jasa pendirian cv tangerang , jasa audit tangerang , jasa audit laporan keuangan tangerang , jasa internal audit tangerang , jasa pengurusan izin usaha tangerang , jasa pengurusan ijin usaha tangerang , jasa perizinan usaha tangerang , jasa perijinan usaha tangerang ,

jasa manajemen bisnis tangerang , jasa bisnis manajemen tangerang , jasa konsultan bisnis tangerang , jasa konsultan manajemen tangerang , jasa konsultan bisnis manajemen tangerang , jasa konsultan manajemen bisnis tangerang ,

jasa akuntansi bekasi , jasa akutansi bekasi , jasa pembukuan bekasi , jasa akuntansi pembukuan bekasi , jasa pembukuan akuntansi bekasi , jasa pembukuan laporan keuangan bekasi , jasa akuntansi laporan keuangan bekasi , jasa laporan keuangan bekasi , jasa pembuatan laporan keuangan bekasi , jasa pembuatan perusahaan bekasi , jasa pendiriaan perusahaan bekasi , jasa pembuatan usaha bekasi , jasa pendirian usaha bekasi , jasa pembuatan pt bekasi , jasa pendirian pt bekasi , jasa pembuatan cv bekasi , jasa pendirian cv bekasi , jasa audit bekasi , jasa audit laporan keuangan bekasi , jasa internal audit bekasi , jasa pengurusan izin usaha bekasi , jasa pengurusan ijin usaha bekasi , jasa perizinan usaha bekasi , jasa perijinan usaha bekasi ,

jasa manajemen bisnis bekasi , jasa bisnis manajemen bekasi , jasa konsultan bisnis bekasi , jasa konsultan manajemen bekasi , jasa konsultan bisnis manajemen bekasi , jasa konsultan manajemen bisnis bekasi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *